2008: Vol. 5 No. 2, Februari 2008
Research

MODEL BELAJAR DAN PEMBELAJARAN BERORIENTASI KOMPETENSI SISWA

Erman Suherman
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Langlangbuana
Published February 1, 2008
How to Cite
Suherman, E. (2008). MODEL BELAJAR DAN PEMBELAJARAN BERORIENTASI KOMPETENSI SISWA. EDUCARE, 5(2). Retrieved from http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/62

Abstract

Tugas utama guru adalah membelajarkan siswa, yaitu mengkondisikan siswa agar belajar aktif sehingga potensi dirinya (kognitif, afektif, dan konatif) dapat berkembang dengan maksimal. Dengan belajar aktif, melalui partisipasi dalam setiap kegiatan pembelajaran, akan terlatih dan terbentuk kompetensi yaitu kemampuan siswa untuk melakukan sesuatu yang sifatnya positif yang pada akhirnya akan membentuk life skill sebagai bekal hidup dan penghidupannya. Agar hal tersebut di atas dapat terwujud, guru seyogianya mengetahui bagaimana cara siswa belajar dan menguasai berbagai cara membelajarkan siswa. Model belajar akan membahas bagaimana cara siswa belajar, sedangkan model pembelajaran akan membahas tentang bagaimana cara membelajarkan siswa dengan berbagai variasinya sehingga terhindar dari rasa bosan dan tercipta suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan.Kata Kunci: model belajar, model pembelajaran, potensi siswa, kompetensi, life skill, suasana belajar

References

  1. Ary Ginanjar Agustian (2002). Emotional Spritual Quotient (ESQ). Jakarta: Arga. Burton, L (1993). The Constructivist Classroom Education in Profile. Perth: Edith Cowan University.
  2. Buzan, Tony (1989). Use Both Sides of Yoru Brain, 3rd ed. New York: Penguin Books.
  3. Cord (2001). What is Contextual Learning. WWI Publishing Texas: Waco.
  4. De Porter, Bobbi (1992). Quantum Learning. New York: Dell Publishing.
  5. Ditdik SLTP (2002). Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning, CTL). Jakarta.:Depdiknas.
  6. Erman, S.Ar., dkk. (2002). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-FPMIPA.
  7. Gardner, Howard (1985). Frame of Mind: The Theory of Multiple Ilntelligences. New York: Basic Bools.
  8. Goleman, Daniel (1995). Emotional Intelligence. New York: Bantam Books.