Pengaruh Penerapan Model Experiential Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Aplikasi Matematis Pada Siswa SMK
Kata Kunci:
Model Experiential Learning, Kemampuan Aplikasi MatematisAbstrak
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya kemampuan aplikasi matematis pada siswa SMK. Pada proses pembelajaran ekspositori siswa cenderung diarahkan untuk menghafal dan menimbun informasi, sehingga peserta didik pintar secara teoritis tetapi miskin aplikasi. Akibatnya kemampuan aplikasi matematis menjadi beku, bahkan menjadi susah untuk dikembangkan. sehingga untuk meningkatkan kemampuan aplikasi matematis dalam penelitian ini menerapkan model Experiential Learning. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X program keahlian Teknik Mesin Pekakas di SMK Negeri 2 Kota Bandung, dengan menggunakan Purposive Sampling yaitu memilih dua kelas yang sudah terbentuk berdasarkan pertimbangan sekolah. Penelitian ini menggunakan disain kelompok kontrol non-ekivalen (The Non-Equivalent Control Group Design). Untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep matematis siswa digunakan instrument tes. Analisis data dalam penelitian ini mengunakan Uji-t. Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut. Terdapat pengaruh penerapan Model Experiential Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Aplikasi Matematis pada Siswa SMK, yang dirinci oleh peneliti sebagai berikut (1) Terdapat peningkatan kemampuan aplikasi matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran Experiential Learning. (2) peningkatan kemampuan aplikasi matematis dengan model Experiential Learning lebih baik dari pada metode pembelajaran ekspositori.Referensi
Boy Scout of America (2009). The Trainer’s EDGE. Amerika Serikat : Boy Scout of America
David A Kolb,(1984) Experiental Learning: Experience as the Source of Learning and Development, Prentice Hall: Englewood Cliffs,
Dirjen. PMPTK (2008) Strategi Pembelajaran dan Pemilihannya. Jakarta: Departemen pendidikan nasional
John Dewey, (1938) Experience and Education, New York, Collier Books
Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran. Bandung : Kencana Prenada Media Group
Suherman, E. (2010). Belajar dan Pembelajaran Matematika. Bandung : FPMIPA-UPI
Ruseffendi. (2006). Pengantar kepada membantu guru mengembangkan kompetensinya dalam pengajaran matematika untuk meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito
Ruseffendi. (2010). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan & Bidang Non-Eksata Lainnya. Bandung: Tarsito
Suherman, E. (2010). Belajar dan Pembelajaran Matematika. Bandung : FPMIPA-UPI
Trianto (2010). Model – model pembelajaran inovatif berorientasi kontruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka
Turmudi. (2009). Landasan Filsafat dan Teori pembelajaran Matematika (Berparadigma Eksploratif dan Investigative). Jakarta: PT. Leuser Cita Pustaka
Wisnu. S, dkk. (2008) Hasil Belajar Kimia siswa dengan model pembelajaran metode think – pair – share dan metode ekspositori, Jurnal FMipa: Universias Negeri Semarang
Yuli Kwartolo (2012). Multiple Intelligences dan Implementasinya dalam Taksonomi Bloom. Jakarta : Jurnal Pendidikan Penabur
David A Kolb,(1984) Experiental Learning: Experience as the Source of Learning and Development, Prentice Hall: Englewood Cliffs,
Dirjen. PMPTK (2008) Strategi Pembelajaran dan Pemilihannya. Jakarta: Departemen pendidikan nasional
John Dewey, (1938) Experience and Education, New York, Collier Books
Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran. Bandung : Kencana Prenada Media Group
Suherman, E. (2010). Belajar dan Pembelajaran Matematika. Bandung : FPMIPA-UPI
Ruseffendi. (2006). Pengantar kepada membantu guru mengembangkan kompetensinya dalam pengajaran matematika untuk meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito
Ruseffendi. (2010). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan & Bidang Non-Eksata Lainnya. Bandung: Tarsito
Suherman, E. (2010). Belajar dan Pembelajaran Matematika. Bandung : FPMIPA-UPI
Trianto (2010). Model – model pembelajaran inovatif berorientasi kontruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka
Turmudi. (2009). Landasan Filsafat dan Teori pembelajaran Matematika (Berparadigma Eksploratif dan Investigative). Jakarta: PT. Leuser Cita Pustaka
Wisnu. S, dkk. (2008) Hasil Belajar Kimia siswa dengan model pembelajaran metode think – pair – share dan metode ekspositori, Jurnal FMipa: Universias Negeri Semarang
Yuli Kwartolo (2012). Multiple Intelligences dan Implementasinya dalam Taksonomi Bloom. Jakarta : Jurnal Pendidikan Penabur
Unduhan
Diterbitkan
2016-12-30
Cara Mengutip
Yunus, A. M., Budilestari, P., & Retnaningrum, E. (2016). Pengaruh Penerapan Model Experiential Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Aplikasi Matematis Pada Siswa SMK . EDUCARE, 14(2), 10–17. Diambil dari https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/207
Terbitan
Bagian
Research