KONTRIBUSI PEMBINAAN MAHASISWA OLEH DOSEN TERHADAP KEGAIRAHAN BELAJAR MAHASISWA

KONTRIBUSI PEMBINAAN MAHASISWA OLEH DOSEN TERHADAP KEGAIRAHAN BELAJAR MAHASISWA

Penulis

  • Rita Zahara Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Langlangbuana

Abstrak

Keberhasilan dari proses pembelajaran dipengaruhi oleh berbagai faktor yang merupakan komponen pembelajaran. Salah satu faktor dari komponen pembelajaran adalah faktor dosen sebagai pembina mahasiswa. Salah satu keberhasilan dari pembinaan dosen dengan berupaya menciptakan suasana kegairahan belajar mahasiswa, yang dapat ditumbuhkan baik dalam situasi akademik dan non akademik.

Referensi

Arikunto Suharsimi, 1991. Metode Penelitian Sirvai Suatu Pendekatan Praktis, Jakarta : LP3ES

________________. 1993. Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta

Abdulhak, I, 1996. Strategi Membangun Motivasi dalam Pembelajaran Orang Dewasa. Bandung : AGTA Manunggal Utama.

Bloom,B.S. (1956 ). Taxonomy of Educational Objectives. London: Long Man Group Limitied.

DePorter, B. Dkk, 2003. Quantum Teaching. Bandung: Kaifa.

Hamalik, O, 1992. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Mulyasa, E. ( 2005 ). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Poerwadarminta,W.J.S. (1976), Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Sudjana. (1996 ). Teknik Analisis Regresi dan Korelasi. Bandung : Tarsito.

Syamsudin, A. ( 1982 ) Psikologi Pendidikan. Bandung: IKIP Bandung.

Sagala, S, 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Rooijakkers,Ad. 1984, Mengajar dengan sukses. Jakarta: PT Gramedia.

Usman,U. ( 2001 ). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Diterbitkan

2006-08-01

Cara Mengutip

Zahara, R. (2006). KONTRIBUSI PEMBINAAN MAHASISWA OLEH DOSEN TERHADAP KEGAIRAHAN BELAJAR MAHASISWA. EDUCARE, 2(2). Diambil dari https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/27

Terbitan

Bagian

Research
Loading...