Asesmen (Penilaian) Pembelajaran Matematika Berdasarkan Kurikulum 2004

Asesmen (Penilaian) Pembelajaran Matematika Berdasarkan Kurikulum 2004

Penulis

  • Mumun Syaban Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Langlangbuana

Abstrak

Dalam pembelajaran, sistem evaluasinya masih banyak didominasi oleh satu metode pengujian, yaitu tes kertas-pensil (paper and pencil test) yang hanya mengukur ingatan siswa terhadap informasi-informasi faktual dan prosedur-prosedur algoritmis saja. Saat ini, dalam kurikulum telah memasukkan tujuan-tujuan proses, sehingga tes-tes yang tertulis diperlukan untuk menilai perolehan keterampilan-keterampilan siswa. Proses ini merupakan bagian yang mendasar dalam pembelajaran. Salah satu saran auntuk negukur penilaian itu adalah dengan metode penilaian alternatif, yang mengukur kemampuan relatif siswa mencapai tujuan proses pengajaran.

Referensi

Tersedia di dalam naskah.

Diterbitkan

2006-10-01

Cara Mengutip

Syaban, M. (2006). Asesmen (Penilaian) Pembelajaran Matematika Berdasarkan Kurikulum 2004. EDUCARE, 3(2). Diambil dari https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/89

Terbitan

Bagian

Research
Loading...