Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Peningkatan Kemampuan Evaluasi Matematis pada Siswa SMK

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Peningkatan Kemampuan Evaluasi Matematis pada Siswa SMK

Authors

  • Livianita Dwi Ayu Pramanik Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana

Keywords:

Kemampuan Evaluasi Matematis, Model Pembelajaran Inquiry

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat tentang dampak model pembelajaran Inquiry untuk meningkatkan kemampuan evaluasi matematis pada siswa Sekolah Menegah Kejuruan (SMK). Penelitian ini menggunakan desain penelitian kelompok kontrol non-ekivalen. Untuk mengetahui kemampuan evaluasi matematis digunankan instrumen tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji-t dan Anova Dua Jalur. Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut. (1) Peningkatan kemampuan evaluasi matematis siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry lebih baik dari pada siswa kelas kontrol yang menggunakan model konvensional baik pada kelompok siswa kategori tinggi, sedang, ataupun rendah. (2) Peningkatan kemampuan evaluasi matematis siswa pada kategori tinggi, sedang, dan rendah berbeda baik menggunakan model pembelajaran Inquiry ataupun model pembelajaran konvensional. (3) Terdapat interaksi model pembelajaran dengan pengelompokan siswa dalam hal kemampuan evaluasi matematis.

References

Wina Sanjaya. (2012). Strategi Pembelajaran, Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Downloads

Published

2016-12-30

How to Cite

Pramanik, L. D. A. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Peningkatan Kemampuan Evaluasi Matematis pada Siswa SMK. INTERMATHZO, 1(2), 1–2. Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/intermathzo/article/view/258

Issue

Section

Research
Loading...