Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP
Keywords:
Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division, STAD, Pemahaman Konsep MatematisAbstract
Tujuan penelitian ini untuk memperoleh bukti empirik tentang pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian kelompok kontrol non-ekuivalen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Kemala Bhayangkari di Kota Bandung. Dari populasi tersebut diambil sampel sebanyak dua kelas. Kelas VII B yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dengan diberikan pembelajaran menggunakan model pembelajaran STAD sebagai perlakuan dan kelas VII F yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas kontrol dengan diberikan pembelajaran menggunakan model konvensional sebagai perlakuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa untuk memperoleh data kuantitaif dan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran di kelas eksperimen. Analisis data kuantitatif dalam penelitian ini menggunakan uji perbedaan rata- rata. Sedangkan hasil lembar observasi untuk menggambarkan pelaksanaan pembelajaran di kelas ekpserimen. Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut. (1) Terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP yang pembelajarannya menggunakan model Pembelajaran STAD. (2) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP yang pembelajarannya menggunakan model STAD lebih baik daripada siswa SMP yang pembelajrannya menggunakan model konvensional.References
Abdul Majid. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Downloads
Published
2016-12-30
How to Cite
Kurniasih, M. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP. INTERMATHZO, 1(2), 3–5. Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/intermathzo/article/view/259
Issue
Section
Research