Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA
Keywords:
Model Pembelajaran Problem Solving, konvensional, Kemampuan Berpikir Kritis MatematisAbstract
Tujuan dari penelitian ini untuk memperoleh gambaran mengenai pengaruh penerapan model pembelajaran problem solving terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa serta untuk memperoleh gambaran perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang belajar menggunakan model problem solving dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kategori tinggi, sedang, rendah, secara keseluruhan dan interaksi antara model pembelajaran yang digunakan terhadap kategori tinggi, sedang dan rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen, populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas X pada salah satu SMA di kota Bandung dengan sampel yaitu kelas X-5 sebagai kelas eksperimen dan X-8 sebagai kelas kontrol. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran problem solving terhadap perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada siswa kategori tinggi, sedang, rendah, dan secara keseluruhan serta terdapat interaksi antara model pembelajaran yang digunakan terhadap kategori sedang dan rendah. Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh penerapan model problem solving terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMA.References
Aris Shoimin. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-ruzz media.
Ridwan Abdullah Sani. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Ridwan Abdullah Sani. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Downloads
Published
2016-12-30
How to Cite
Muplihah, V. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA. INTERMATHZO, 1(2), 16–17. Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/intermathzo/article/view/263
Issue
Section
Research