Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP di Kota Bandung Melalui Model Pembelajaran PjBL (Project Based Learning)

Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP di Kota Bandung Melalui Model Pembelajaran PjBL (Project Based Learning)

Authors

  • Sopian Sauri Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana

Keywords:

Project Based Learning, Model Pembelajaran, PjBL

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan capaian peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa SMP melalui penerapan Model Pembelajaran PjBL(Project Based Learning). Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa SMP swasta kelas VII di Kota Bandung tahun ajaran 2016-2017.Sampel penelitian adalah siswa kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol disuatu SMP swasta di Kota Bandung. Sampel tersebut dipilih secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis dan lembar observasi yang digunakan untuk mengidentifikasi tingkat dan aktivitas proses pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji- t melalui program SPSS 22.0 for Windows yaitu dengan menggunakan Independent Sample t-Tes. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan, bahwa terdapat peningkatan yang lebih baik kemampuan penalaran matematis siswa baik yang mendapatkan model pembelajaran PjBL (Project Based Learning) dari pada siswa yang mendapatkan model pembelajaran konvensional. Dan diharapkan model pembelajaran PjBL (Project Based Learning) dapat dijadikan sebagai alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Simpulan penelitian ini ditunjang juga oleh tingkat partisipasi aktif siswa yang relatif tinggi dan baik selama mengikuti proses pembelajaran Melalui Penerapan Model PjBL.

References

Ruseffendi, E.T (2010). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non Eksata lainnya. Bandung. Tarsito.

Sisdiknas, (2006). UU RI No. 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen serta UU RI No.20 tahun 2003 tentnag Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: Citra Umbara.

Downloads

Published

2017-06-30

How to Cite

Sauri, S. (2017). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP di Kota Bandung Melalui Model Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) . INTERMATHZO, 2(1), 17–20. Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/intermathzo/article/view/269

Issue

Section

Research
Loading...