Vol. 4 No. 1 (2019)
Research

Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA

Ayudia Rahayu
Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
Elly Retnaningrum
Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
Mochamad Rasyid Ridha
Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
Published June 29, 2019
Keywords
  • Penalaran Matematis,
  • Model pembelajaran Think Pair Share,
  • TPS
How to Cite
Rahayu, A., Retnaningrum, E., & Ridha, M. R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA . INTERMATHZO, 4(1), 1-8. Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/intermathzo/article/view/291

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa SMA yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Metode penelitian yang digunakan kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMA Negeri 8 Bandung tahun ajaran 2018/2019. Adapun sampel penelitiannya adalah siswa kelas XI IPA 7 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 8 sebagai kelas eksperimen. Sampel dipilih secara pusposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes tipe uraian berupa soal-soal kemampuan penalaran matematis. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji non-parametrik melalui sofware SPSS 22 yaitu Mann- Whitney Test. Berdasarkan hasil data, diperoleh kesimpulan, bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis antara siswa yang memperoleh model pembelajaran TPS dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Dengan demikian model pembelajan TPS dapat dijadikan alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajarannya untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa SMA.

References

Depdiknas. (2002). Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Depdiknas

Depdiknas. (2006). Peraturan Dirjen Dikdasmen No.506/C/PP/2004 tanggal 11 November. Jakarta: Ditjen Dikdasmen Depdiknas

Depdiknas. (2006). Permendiknas No. 22 tahun 2006 Tentang Standar Isi Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Depdiknas

Gunhan, C. (2014). A Case Study On The Investigation Of Reasoning Skills In Geometry. South African Journal

Hamdayama, J. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bandung : Ghalia Indonesia

Hendriana, H & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama

Isrok’atun & Rosmala, A. (2018). Model- model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Lestari, K.E & Yudhanegara, M.R.(2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT.Refika Aditama

Maimunnah, Tsaniatu. (2017). Peningkata Penalaran Matematika Melalui Strategi Think Pair Share Berbasis Problem Based Learning. (Disertasi). Sekolah Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Shadiq, F. (2004). Cara Mencapai Tujuan Matematika SMK. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika

Shadiq, F. (2014). Pembelajaran Matematika. Yogyakarta

Sumarmo, U.(2014). Kumpulan Makalah: Berpikir dan Disposisi Matematika Serta Pembelajarannya. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA UPI