Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA
Keywords:
Penalaran Matematis, Model pembelajaran Think Pair Share, TPSAbstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa SMA yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Metode penelitian yang digunakan kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMA Negeri 8 Bandung tahun ajaran 2018/2019. Adapun sampel penelitiannya adalah siswa kelas XI IPA 7 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 8 sebagai kelas eksperimen. Sampel dipilih secara pusposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes tipe uraian berupa soal-soal kemampuan penalaran matematis. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji non-parametrik melalui sofware SPSS 22 yaitu Mann- Whitney Test. Berdasarkan hasil data, diperoleh kesimpulan, bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis antara siswa yang memperoleh model pembelajaran TPS dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Dengan demikian model pembelajan TPS dapat dijadikan alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajarannya untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa SMA.References
Depdiknas. (2002). Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Depdiknas
Depdiknas. (2006). Peraturan Dirjen Dikdasmen No.506/C/PP/2004 tanggal 11 November. Jakarta: Ditjen Dikdasmen Depdiknas
Depdiknas. (2006). Permendiknas No. 22 tahun 2006 Tentang Standar Isi Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Depdiknas
Gunhan, C. (2014). A Case Study On The Investigation Of Reasoning Skills In Geometry. South African Journal
Hamdayama, J. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bandung : Ghalia Indonesia
Hendriana, H & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama
Isrok’atun & Rosmala, A. (2018). Model- model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Lestari, K.E & Yudhanegara, M.R.(2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT.Refika Aditama
Maimunnah, Tsaniatu. (2017). Peningkata Penalaran Matematika Melalui Strategi Think Pair Share Berbasis Problem Based Learning. (Disertasi). Sekolah Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.
Shadiq, F. (2004). Cara Mencapai Tujuan Matematika SMK. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika
Shadiq, F. (2014). Pembelajaran Matematika. Yogyakarta
Sumarmo, U.(2014). Kumpulan Makalah: Berpikir dan Disposisi Matematika Serta Pembelajarannya. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA UPI
Depdiknas. (2006). Peraturan Dirjen Dikdasmen No.506/C/PP/2004 tanggal 11 November. Jakarta: Ditjen Dikdasmen Depdiknas
Depdiknas. (2006). Permendiknas No. 22 tahun 2006 Tentang Standar Isi Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Depdiknas
Gunhan, C. (2014). A Case Study On The Investigation Of Reasoning Skills In Geometry. South African Journal
Hamdayama, J. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bandung : Ghalia Indonesia
Hendriana, H & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama
Isrok’atun & Rosmala, A. (2018). Model- model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Lestari, K.E & Yudhanegara, M.R.(2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT.Refika Aditama
Maimunnah, Tsaniatu. (2017). Peningkata Penalaran Matematika Melalui Strategi Think Pair Share Berbasis Problem Based Learning. (Disertasi). Sekolah Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.
Shadiq, F. (2004). Cara Mencapai Tujuan Matematika SMK. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika
Shadiq, F. (2014). Pembelajaran Matematika. Yogyakarta
Sumarmo, U.(2014). Kumpulan Makalah: Berpikir dan Disposisi Matematika Serta Pembelajarannya. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA UPI
Downloads
Published
2019-06-29
How to Cite
Rahayu, A., Retnaningrum, E., & Ridha, M. R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA . INTERMATHZO, 4(1), 1–8. Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/intermathzo/article/view/291
Issue
Section
Research