Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa SMA Kelas XI

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa SMA Kelas XI

Penulis

  • Eva Lisnawati Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Reviandari Widyatiningtyas Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Mochamad Rasyid Ridha Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana

Kata Kunci:

Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa, Model Pembelajaran Problem Based Learning, PBL

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa SMA melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMA Negeri 11 Bandung. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 31 siswa dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 32 siswa. Sampel dipilih secara purposive sampling. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian kontrol non-ekivalen. Adapun instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes uraian, berupa soal-soal kemampuan berpikir reflektif matematis siswa dan instrument non tes yang berupa lembar observasi pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Analisis data kuantitatif menggunakan software SPSS versi 22 dengan menggunakan uji Wilcoxon Match Pairs dan uji Man-Whitney test, sedangkan lembar observasi untuk menggambarkan pelaksanaan pembelajaran di kelas. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan, bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa, dan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih dari model pembelajaran Koperatif Learning.

Referensi

Alkawarizmi. 2018. “Soal UNBK Matematika 2018-IPA”. Tersedia : hhtps://drive.google.com/file/d/1k fk4w7-r- aFZwlKXiroTODMGnT96a9- o/view

Firmansyah, Usdi. ‘’Permendiknas No.22 Tahun 2006’’. Tersedia : http://ww.academia.edu/19822754 /Permendiknas-no-22-tahun-2006- standar-isi
Fuady,Anies. “Berfikir Reflektif Dalam Pembelajaran Matematika”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume 1 Nomor 2 Tersedia: http://media.neliti.com//media/pu blications/90990-ID-berfikir - reflektif-dalam-pembelajaran- matematika.pdf

Gewati, Michael. 2018. “Kemampuan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar’’. Tersedia : http://www.researchgate.net.[prim a: jurnal pendidikan matematika. Vol. 1. No. 1. Juli, hal 69-82 P- ISSN: 2579-9827, E-ISSN: 2580- 2216]

Gunawan,Imam. 2016. ‘’Pengantar Statistika Inferensial’’. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Huda , M. 2014. "Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran”. Y ogyakarta:
Pustaka Pelajar.

Lestari,dkk. 2015. ‘’Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung. PT Refika Aditama

Lutfhiana, Maria, dkk. 2018. “berjudul Pengaruh Model Pembelajaran Yang Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI IP A MA Negri 1 Lubuklinggau”. Tersedia : http://media.neliti.com/media/pub lications/256506-pengaruh- model-pembelajaran-berbasis- masalah-8d619d4d.pdf.Jurnal- Pendidikan-Matematika(Judika- education) volume1-No 1-januari- juni-2018-e-ISSN:2614-6088-P- ISNN:2620-732x

Masamah, ulfa. 2017.” Peningkatan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa SMA Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika”. Tersedia :http//journal-penelitian- pendidikan-matematika-680- 1289-1-SM-pdf.1(1),1-18.
Nuriana,Khamida dkk.2018. “Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa KelasVII Ditinjau dari Gaya Kognitif pada Model Pembelajaran PBL”. Tersedia :http//journal.unnes.ac.id/sju/inde ks.php/prisma/-Article%20Text- 39495-2-10-20180108%20(6).pdf pemerintah.net/kurikulum-2013/

Ruseffendi. 2006. “ Pengantar Kepada Membantu Guru MengembangkanKompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA”.
Bandung. Tarsito

Suherman, E. 2012. “Belajar Dan Pembelajaran Matematika”. Bandung: Universitas
Pendidikan Indonesia.

Susetyo,Budi . 2017. “ Statistika Untuk Analisis Data Penelitian “. Bandung. PT Refika Aditama

Wahyudin,dkk. 2017. ‘’Penelitian Pendidikan Matematika’’. Bandung. PT Refika Aditama

Yati, Asri Hirda. 2017. “Penerapan Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA Lubuklinggau”. Jurnal Pendidikan Matematika. Tersedia : http://.media.neliti.com/media/pub lications/230551-penerapan- model-pembelajaran-problem- based-learning-p- 300c00ia.pdf.Jurnal.pendidikan- Matematika-Raflesia-V ol.2-No.2- Tahun 2017

Diterbitkan

2018-12-31

Cara Mengutip

Lisnawati, E., Widyatiningtyas, R., & Ridha, M. R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa SMA Kelas XI . INTERMATHZO, 3(2), 97–105. Diambil dari https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/intermathzo/article/view/285

Terbitan

Bagian

Research
Loading...