Efektifitas Metode Pembelajaran Latihan (Drill) Terhadap Pembentukan Karakter Berwirausaha Siswa

Efektifitas Metode Pembelajaran Latihan (Drill) Terhadap Pembentukan Karakter Berwirausaha Siswa

Authors

  • Kiki Meilantika Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Rita Zahara Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Anytha Basaria Silitonga Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana

Abstract

Metode Pembelajaran Latihan (Drill) ialah  merupakan suatu pola  mengajar yang menekankan upaya pembentukan pengetahuan,sikap,dan prilaku serta keterampilan pada proses pengulangan kegiatan tertentu. Yang dimaksud karakter/jiwa wirausaha adalah orang yang memilki percaya diri, berorientasi pada tugas dan hasil, mampu mengambil resiko, kepemimpinan, keorsinilan, dan berorientasi kemasa depan.  Abstrak maksimal 200 kata berbahasa Indonesia dicetak miring dengan Times New Roman 11 point. Abstrak harus jelas, deskriptif dan harus memberikan gambaran singkat masalah yang diteliti. Abstrak meliputi alasan pemilihan topik atau pentingnya topik penelitian, metode penelitian dan ringkasan hasil. Abstrak harus diakhiri dengan komentar tentang pentingnya hasil atau kesimpulan singkat. Deskripsi hasil penelitian Pelaksanaan Metode Pembelajaran Latihan (Drill) pada mata pelajaran  kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan Bina Warga telah dilaksanakan dengan baik dan benar. Metode Pembelajaran Latihan (Drill ) terhadap pembentukan karakter/ jiwa berwirausaha siswa di Sekolah Menenah Kejuruan Bina Warga diperoleh hasil Y = 26,6568 + 0,5874 ????.     ???????????? = 0,99, .???????? = 98,01 % ,Uji hipotesis thitung  41,6768 > t tabel  1,6793, yang berarti Ho ditolak Ha diterima, sehinagga hipotesis yang penulis ajukan terbukti/ dapat di terima yaitu, Uji validitas ???? = 0,6175 ???????????????????????????????????????? ???????????????????????????? 0,62. Metode pembelejaran diskusi Y =41,9421+0,4046. rxy =0.99. KD = 98,01%, thitung 42,8184 > t tabel 1,674.

References

Bangun Wilson. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia Jakarta: Erlangga

Fauzi Ika Kartika (2011). Mengelola Pelatihan Partisipatif. Bandung: Alfabeta. Alma Buchari (2007). Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta

Kaswan (2011). Pelatihan dan Pengembangan Untuk Meningkatkan Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta. Mangkunegara Prabu Anwar. A.A. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mardiyatmo. (2008). Kewiraushaan. Surakarta: Yudhistira.

Mujiman Haris. (2011). Manajemen Pelatihan Berbasis Belajar Mandiri. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Mustofa Kamil. (2012) Model Pendidikan Dan Pelatihan (Konsep dan Aplikasi ). Bandung: Alfabeta.

Nasution S. (1988). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.

NitisusastroMulyadi.(2012).Kewirausahaan &Manajemen Usaha Kecil Bandung:Alfabeta

Purwanto Djoko. (2006). Komunikasi Bisnis. Jakarta: Erlangga

Rahayu Paramita ( 2010 ). Manajmen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

S.Sudjana. D. ( 2007 ). Sistem & Manajemen Pelatihan Teori dan Aplikasi. Bandung: Falah Production

Sedarmayanti. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negri Sipil. Bandung: Refika-Aditama.

Simamora. (2006). Manajmen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Bagian Penerbitan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi. YKPN.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi ( Mixed Methods ). Bandung: Alfabeta.

Tedjasutisna Ating. (2008). Memahami Kewirausahaan. Bandung: Armico.

Yandianto. ( 2009 ) Kamus Umum Bahasa Indonesia. Bandung. M 2 S.

Downloads

Published

2015-06-01

How to Cite

Meilantika, K., Zahara, R., & Silitonga, A. B. (2015). Efektifitas Metode Pembelajaran Latihan (Drill) Terhadap Pembentukan Karakter Berwirausaha Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 2(1). Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/129

Issue

Section

Research
Loading...