Vol. 17 No. 2, Desember 2019
Research

Peningkatan Kemampuan Membaca, Menulis dan Berbicara Melalui Model Pembelajaran Pengalaman Berbahasa Terkonsentrasi (PBT)

Yeni Nuraeni
MTs. Miftahulfalah
Popon Mariam
Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
Published December 31, 2019
Keywords
  • model pbt,
  • kemampuan membaca,
  • kemampuan menulis,
  • kemampuan berbicara
How to Cite
Nuraeni, Y., & Mariam, P. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca, Menulis dan Berbicara Melalui Model Pembelajaran Pengalaman Berbahasa Terkonsentrasi (PBT). EDUCARE, 17(2), 127-131. Retrieved from http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/252

Abstract

Fokus penelitian diarahkan pada upaya peningkatan kemampuan anak dalam membaca, menulis dan berbicara bahasa Arab melalui penerapan model pembelajaran pengalaman berbahasa terkonsentrasi (PBT). Penelitian ini dilaksanakan di sekolah Mts Miftahulfalah dan ditujukan untuk siswa di kelas VII. Metode penilitian menggunakan metoda Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca, menulis dan berbicara bahasa Arab siswa hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan pada hasil test siswa.

References

Arsyad, Azhar. (2002) Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya (Beberapa Pokok Pikiran). Pustaka Pelajar. Makasar.

Arikunto, Suharsimi, Prof., Dr., Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek) Edisi Revisi V. Jakarta. Rineka Cipta.

Djamarah, Bahri, Syaiful, Drs., dkk. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta. Muhammad, Abubakar, Drs., Metode Khusus Pengajaran Bahasa Arab.
Surabaya. Usaha Nasional.

Yusuf, Tayar, Drs, H., dkk., Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Lughotudhod. Penerapan Metode Muhadasah dalam Pembelajaran Bahasa Arab Guna Peningkatan Keberhasilan Siswa Kelas VII B MTs. Negeri Jabung Talun Blitar. http://lughotudhod.blogspot.com/2013 /04/contoh-ptk-bahasa-arab-1- penerapan.html?m=1