Efektivitas Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa

Efektivitas Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa

Authors

  • Atik Rosmia Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Sungging Handoko Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Popon Mariam Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana

Keywords:

Model Creative Problem Solving, CPS, Memecahkan Masalah

Abstract

Tujuan dasar mata pelajaran akuntansi adalah mengembangkan kemampuan memecahkan masalah. Namun pada kenyataan masih rendahnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah selama proses pembelajaran akuntansi, terutama dalam sub pokok bahasan Ayat Jurnal Penyesuaian. Salah satu cara untuk mengatasinya dengan menerapkan model pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan memecahkan masalah yaitu model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). sampel dalam penelitan ini adalah siswa kelas X Akuntansi 1 (kelas kontrol) dan X Akuntansi 2 (kelas eksperimen) di SMK Penida 1 Katapang. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen kuasi dan pengambilan sampel secara random kelas. Kesimpulan hasil penelitian bahwa model pembelajaran CPS efektif dalam upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah akuntansi siswa jika dibandingkan dengan model pembelajaran biasa.

References

Airasian, P. W. (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran dan assesmen. Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Anisah Basleman dan Syamsu Mappa. (2011). Teori Belajar Orang Dewasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Atmaja L. S. (2009). Statistik untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: CV Andi Offset

Baharuddin, dan Wahyuni, E. N. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-ruzz media.

Cahyo. (2008). Pengembangan Model Pembelajaran Creative Problem Solving. Tersedia, http://pendidikansains.com/2008/06/pengembangan-model-creative-problem.html [24-03-2012].

Fathurrohman, P. dkk. (2010). Strategi Belajar Mengajar – Melalui Konsep Umum & Konsep Islami. Bandung: PT Refika Aditama.

Komalasari, K. (2010). Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika aditama.
Program Studi Pengembangan Kurikulum Sekolah Pascasarjana UPI. Bandung: tidak diterbitkan.

Mariana, D. (2010). Pengaruh Metode Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa: Studi Eksperimen Mata Pelajaran IPS Kelas VII Pokok Bahasan Kreativitas dalam Tindakan Ekonomi di SMP Negeri 143 Jakarta Utara. TESIS: UPI. Bandung: tidak diterbitkan

Muijs, Daniel. & Reynolds, David. 2008. Efektif Teaching- Teori dan Aplikasi. Penerbit: Pustaka Belajar. Jogyakarta.

Nasution, S. (2010). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
.(2007). Pengembangan Kurikulum. Bandung: Citra Aditya Bakti

Pepkin. (2004). Creative Problem Solving in Math.(http://www.mathematic.transdigit.com/matematic-journal.html) [24-03-2012]
Reeve, J. M. (2009). Pengantar Akuntansi Adaptasi Indonesia-Priciples of Accounting-Indonesia adaptation. Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.
Rusefendi, E.T. (2005). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang ekstakta lainnya. Bandung: Tarsito

Sardiman. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Santoso, S. (2009). Teknologi Pendidikan. Bandung: CV. Jemmar

Soemantri, H. (2006). Menyelesaikan siklus akuntansi perusahaan jasa dan dagang. Bandung: Armoco.

Sudjana N. (2010). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Suherman, E. dkk. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung:IMSTP JICA.

Sumarmo, U. (2003). Nasional Concept Teaching Of Mathematics (NCTM 2000). Bandung: PT Refika Aditama.

Suwarno, W. (2009). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.

Syaodih, Nana. (2004). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: Yayasan Kesuma Karya.

Syaodih, Nana. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rusefendi, E. T. (2005). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.

Tabroni M dan Mustofa Arif. (2011). Belajar & Pembelajaran- Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Wena, M. (2010). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Yeli, K. (2011). Analisis Penerapan Pendekatan Metakognitif Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Akuntansi: Pada Bahasan Jurnal Penyesuaian Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Lembang Tahun Ajaran 2010/201. Skripsi: UPI Bandung: tidak diterbitkan.

Zakaria, R. (2009). Pengembangan Model Pembelajaran Inkuiri Sosial untuk Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Transaksi Keuangan. Tesis PPs UPI Bandung: tidak diterbitkan.

Downloads

Published

2012-12-28

How to Cite

Rosmia, A., Handoko, S., & Mariam, P. (2012). Efektivitas Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa . EDUCARE, 10(2), 14–24. Retrieved from http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/175

Issue

Section

Research

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 
Loading...