Vol. 17 No. 2, Desember 2019
Research

Penerapan Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA

Athena Agnestafia Ginanjar
Program Studi Pendidikan Guru SD, FKIP, Universitas Langlangbuana
Sungging Handoko
Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
Rika Widya Sukmana
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Langlangbuana
Published December 31, 2019
Keywords
  • hasil belajar kognitif,
  • model pembelajaran children learning in science,
  • CLIS,
  • IPA
How to Cite
Ginanjar, A. A., Handoko, S., & Sukmana, R. W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA. EDUCARE, 17(2), 132-137. Retrieved from http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/253

Abstract

Tujuan penelitian yang berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA” ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan perbedaan penerapan model pembelajaran CLIS pada kelas ekperimen terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Rumusan masalah penelitian ini yaitu “Apakah penerapan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik”.Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik di SDN 163 Buahbatu Baru Bandung.Sampel penelitian ini siswa kelas V. Hasil dari data penelitian tes terlihat bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA, dengan menggunakan model pembelajaran CLIS dapat dilihat dari uji-t pada bagian sig (2-tailed) menunjukan 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar peserta didik antara kelas ekperimen dan kelas kontrol terdapat perbedaan sesudah perlakuan. Perbedaan ini menyatakan bahwa kelas ekperimen lebih unggul dan lebih baik hasilnya dapt dilihat melalui rata-rata hasil belajar IPA peserta didik dikelas ekperimen yang menggunakan model CLIS. Berdasarkan pembuktian hipotesis yang berbunyi “terdapat perbedaan hasil belajar kognitif yang signifikan setelah diterapkannya model pembelajaran CLIS” maka H1 hipotesis diterima.

References

Anggraeni, Yuni.(2017). “Penerapan Model Project Base Learning (PJBL) Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik di Sekolah Dasar”[skripsi].Bandung (ID): Universitas Langlangbuana

Damopolii, Insar dkk.(2017). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Di SMP 21 Rendani Manokwari. [Online] Tersedia, https://osf.io/preprints/inarxiv/wsvek/

Damopolii, Insar dkk.(2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VII Smp. [Online]. Hal 43-52 Edisi, Vol. 3, No. 1

Darmawan, I Putu Ayub dan Edy Sujoko.(2014). Revisi Taksonomi Pembelajaran Benyamin S. Bloom

Dwi Hastuti Muchyar, Lusiana dkk. (2016). Profil Perubahan Konseptual Siswa Pada Materi Kependudukan Dan Pencemaran Lingkungan[Online]

Fajriani, Dian.(2018). Penerapan Metode Tebak Kata Pada Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah 43 Batulotong Kecamatan Larompong Kabupaten Luwu. [Online] Tersedia, https://osf.io/preprints/inarxiv/pqz46/

Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum dam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara Ismail, Ali. (2018). Model-Model Pembelajaran Dalam Mata Pelajaran Ipa [Online] Tersedia, https://doi.org/10.31227/osf.io/fbgvh

Ismail, Ali.(2015). Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science (Clis) Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Siswa Sma. [Online]

Ismail, Ali.(2017). Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science (Clis) Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Sma Pada Pokok Bahasan Fluida. [Online]. Halaman: 83 – 87 Edisi, JIPFRI, Vol. 1 No. 2

Jumardiah.(2018). Analisis Kualitas Pembelajaran Guru Kaitannya Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Di Smp Negeri 1 Liliriaja Kabupaten Soppeng [Online] Tersedia, https://osf.io/preprints/inarxiv/r8puq/

Juni, Donni. 2017. Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran Inovatif, Kreatif, dan Prestatif Dalam Memahami Peserta Didik. Bandung: Pustaka Setia
Lestari, Karunia Eka. & Mokhammad Ridwan Yudhanegara.(2018).Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung:PT. Refika Aditama

Muslim, dkk. (2006). Konsep Dasar Fisika. Bandung. UPI Press

Nurhatika. (2018). Model Explicit Instruction Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Kelas Iii Sdn 09 Mattekko Kecamatan Bara Kota Palopo. [Online] Tersedia, https://osf.io/preprints/inarxiv/5udwv/

Nur Laili, Yuniar, dkk.(2015). Pengaruh Model Children Learning In Science (CLIS) Disertai LKS Berbasis Multirepresentasi Terhadap Aktivitas Belajar Siswa dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Fisika di Sma Kabupaten Jember. [Online] Tersedia,https://media.neliti.com/medi a/publications/138608-ID-pengaruh- model-children-learning-in-scie.pdf

Puspa Kencana, Arum.(2018). “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bamboo Dancing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pembelajaran IPA di SD”. [skripsi].Bandung (ID): Universitas Langlangbuana

Rahmadina, Anita dkk.(2012). Penerapan Model Children Learning In Science (CLIS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Kelas Vb Sd Negeri 97 Pekanbaru.

Sudjana, Nana.2009.Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: Alfabeta

Sulaiman, Ali.(2018). “Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial”. ”[skripsi].Bandung (ID): Universitas Langlangbuana

Sumaryanta. (2015). “Pedoman Penskoran”. [Online]

Syuhendri.(2017).Pengembangan Teks Perubahan Konseptual (TPK) untuk Pengajaran Perubahan Konseptual. [Online]

Ulfa Tenri Pada, Andi.(2015). Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Condongcatur Pada Konsep Bumi Dan Alam Semesta. [Online]