Vol. 17 No. 2, Desember 2019
Research

Penerapan Model Diskursus Multi Representasi (DMR) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dalam Materi Bangun Datar di Kelas IV SD

Tita Agustina
Program Studi Pendidikan Guru SD, FKIP, Universitas Langlangbuana
Nano Sukmana
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Langlangbuana
Deasy Rahmawati
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Langlangbuana
Published December 31, 2019
Keywords
  • Model Diskursus Multi Representasi,
  • DMR,
  • pemahaman konsep matematis,
  • matematika
How to Cite
Agustina, T., Sukmana, N., & Rahmawati, D. (2019). Penerapan Model Diskursus Multi Representasi (DMR) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dalam Materi Bangun Datar di Kelas IV SD. EDUCARE, 17(2), 151-158. Retrieved from http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/256

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematis pada mata pelajaran matematika bangun datar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan model Diskursus Multi Representasi (DMR) dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa dalam materi bangun datar di sekolah dasar, dengan rincian tujuan mengukur peningkatan pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan model Diskursus Multi Representasi (DMR, dan mengukur perbedaan peningkatan pemahaman konsep matematis setelah menerapkan model Diskursus Multi Representasi (DMR. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 3 Pamalayan. Sampel pada penelitian ini menggunakan sampel jenuh yaitu seluruh kelas IV SD Negeri 3 Pamalayan, kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol dengan masing- masing kelas berjumlah 22 orang.Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen dibanding dengan kelas kontrol, dan terdapat perbedaan peningkatan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan kategori sedang.

References

Arikunto, Suharsimi.(2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Arifin, Z. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Djadir, D.dkk.(2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe DMR (Diskursus Multi Representasi) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Mengkedek Tana Toraja. Vol. 2. No.1.

Gusniawati, Mira. (2015). “Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar Terhadap Penguasaan Konsep Matematika Siswa SMAN Di Kecamatan Kebon Jeruk”. Jurnal Formatif 5(1). Hlm. 29

Hidayat, A. (2017b). Pengujian validitas dan reliabilitas instrumen penelitian. Bandung: Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Langlangbuana.

Jasa Ungguh Muliawan .(2016). Model Pembelajaran Spektakuler, Ar-Ruzz Media: Yogyakarta.

Kamaliya, A. D. (2017). Implementasi Model DMR Untuk Meningkatkan Pemahaman Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MTS Ihyaul Ulum Gondoharum Jekulo Kudus. Tahun Pelajaran 2016/2017 Skripsi STAIN Kudus 2017.

Lestari, E. K. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika.Bandung: Refika Aditama

Limardani, G.(2015). Analisis Kesulitan Siswa dalam menyelesaikan Soal operasi Aljabar Berdasarkan Teori Pemahaman Konsep Skemp Pada Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 4 Jember. Skripsi Universitas Jember 2015.

M. Aprilianto. (2012). Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa SMP Dengan Pendekatan Metaphorical Thinking. Jurnal STKIP Siliwangi. Vol.1 No. 2.

Nalurita, R.R (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Diskursus Multi Representasi (DMR) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar. Skripsi UPI

Nia, R. & Nia.(2013) Bangun Datar. Retrieved from pendidikan: http://rahmidania.blogspot.com/2013/0 1/bangun-datar.html

Ngalimun. (2013). Strategi dan Model Pembelajaran . Yogyakarta: Aswaja Presindo.

Nugraeni, S.2018. Pengaruh Model Pembelajaran Diskursus Multi Representasi Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Tahun 2018.(Skripsi)

Nuharini, D & Priyanto, S. (2016). Mari Belajar Matematika. Surakarta: PT Usaha makmur

Okezone.com(2018, November Senin). Indonesia Gawat Darurat Matematika, https://news.okezone.com/read/2018/1 1/12/65/1976537/indonesia-gawat- darurat-matematika

Rostika,D & Junita H.(2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sd Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Model Diskursus Multy Representation (Dmr). Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 9. No.1

Roestiyah. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta .

Regita, Elviza. (2014). pengaruh Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Co-Op Co-Op Terhadap Pemahaman Konsep MATEMATIKA SISWA Mts DARUL HIKMAH PEKANBARU. (skripsi) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Setyaningrum, dkk (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kerja Sama Siswa Kelas x Melalui Model Discovery Learning, Prisma, Prosiding Seminar Nasional matematika, 810.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2018). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Setyaningrum, dkk (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kerja Sama Siswa Kelas x Melalui Model Discovery Learning, Prisma, Prosiding Seminar Nasional matematika, 810.

Susanto, A.(2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Prenamedia Group.

Tamim, M.Faisal. 2015. Penerapan Model Pembelajaran DMR (Diskursus Multi Representasi) dengan Puzzle Kubus dan Balok untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil
Belajar Materi Pokok Kubus dan Balok Siswa Kelas Viii D Smp Muhammadiyah 8 Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015. (Skripsi).