Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC)

Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC)

Authors

  • Karimah Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Elly Retnaningrum Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana

Keywords:

Representasi matematis, model Cooperative Integrated Reading and Composition, CIRC

Abstract

Kemampuan representasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang diperlukan untuk membantu memudahkan dan memperlancar seseorang untuk mengemukakan gagasan atau ide-ide yang dimiliki dalam memecahkan permasalahan yang bersifat abstrak ke dalam bentuk simbol, gambar, grafik, ataupun diagram. Rendahnya kemampuan representasi matematis menyebabkan siswa kesulitan dalam menentukan langkah-langkah penyelesaian masalah. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa yaitu dengan melalui pendekatan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC). Tujuan penggunaan model pembelajaran CIRC pada penelitian ini yaitu untuk meningatkan kemampuan representasi matematis. metode dalam penelitian ini adalag quasi eksperimental. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMK Bina Warga Bandung tahun ajaran 2018/2019, sedangkan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X-AP1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X-AP2 sebagai kelas kontrol. Metode pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa tes kemampuan representasi matematis berupa tes bentuk uraian. Kesimpulan yang dapat disimpulkan berdasarkan hasil penelitian yaitu terdapat peningkatan kemampuan representasi matematis setelah menggunakan model pembelajaran CIRC dengan peningkatan sebesar 0,77 dengan kreteria peningkatan kemampuan yang tinggi.

References

Afandi, M. Dkk. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Press.

Cai, Lane & Jacabcsin (1996) Assessing Students’ Mathematical Comunication. Mathematical Comunication, Vol. 95(5) Halaman. 238-246

Dermawan & Sujoko, (2013) Revisi Taksonomi Pembelajaran Benyamin S. Bloom. Satya Widya, Vol. 29(No.1) Halaman. 30-39.

Goldin & Kaput, (1996). A Joint Perspective On The Idea Of Representation in Learning and Doing Mathematics. Theories of Mathematical Learning. Halaman. 397-43.

Hasratuddin, (2014). Pembelajaran Matematika Sekarang dan yang Akan Datang Berbasis Karakter. Jurnal Didaktik Matematika. Vol. 1. (no.2) 30- 42.

Hwang, dkk. (2007). Multiple Representation Skills and Creativity Effects on Mathematical Problem Solving using a Multimedia Whiteboard System. Educational Technology & Society. Vol.10. (no.2). Halaman. 191-212.

Lestari dan Yudhanegara. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Musriani dan Ikman (2014). Analisis Kemampuan Koneksi dan Representasi Matematik Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kota Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika V ol.2 No. 3. Halaman. 165-176.

Mustafa dan Samad, (2015). Cooperative Integrated Reading and Composition Technique for Improving Content and Organization in Writing. Studies in English Language and Education, Vol.2 (no.1). halaman 29-44.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United States of America : The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Indonesia Masih Rendah. Pikiran Rakyat Online (18 juni 2016) tersedia http://www.pikiran- rakyat.com/pendidikan/2016/06/18/perin gkat-pendidikan-indonesia-masih- rendah-372187 [26 Oktober 2018]

Downloads

Published

2018-12-31

How to Cite

Karimah, & Retnaningrum, E. (2018). Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) . INTERMATHZO, 3(2), 122–131. Retrieved from http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/intermathzo/article/view/288

Issue

Section

Research
Loading...