Vol. 4 No. 2 (2019)
Research

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP

Agit Giat Gitawati
Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
Elly Retnaningrum
Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
Irma Irmawan
Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
Published December 31, 2019
Keywords
  • Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa,
  • Model Pembelajaran Think Pair Share
How to Cite
Gitawati, A. G., Retnaningrum, E., & Irmawan, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. INTERMATHZO, 4(2), 87-93. Retrieved from http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/intermathzo/article/view/300

Abstract

Pendidikan menjadi modal utama manusia untuk bisa menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Atas dasar tersebut maka saat ini siswa tidak hanya dituntut untuk memiliki kemampuan intelektual saja, melainkan siswa juga dituntut untuk mengasah potensinya. Dalam proses pembelajaran matematika terdapat beberapa kemampuan yang diharapkan dapat dimiliki siswa yaitu salah satunya kemampuan komunikasi matematis siswa, sehingga untuk dapat dikatakan suatu pembelajaran berhasil maka kemampuan siswa harus meningkat, tetapi pada kenyataannya kemampuan komunikasi siswa di SMP tergolong rendah hal ini diperkuat oleh hasil wawancara kepada guru matematika di salah satu SMP di kota Bandung dan juga dilihat dari hasil ujian tengah semester pelajaran matematika pada tahun ajaran 2018/2019. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa adalah dengan penggunaan model pembelajaranyang melibatkan peran siswa untuk aktif selama proses pembelajaran. Peneliti menggunakan model pembelajaran Think Pair Share.  Hasil pengujian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis yang pembelajarannya menggunakan penerapan model pembelajaran Think Pair Share lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional.

References

E.T. Ruseffendi. (1991). Penelitian Pendidikan dan Hasil Belajar Siswa Khususnya dalam Pengajaran Matematika untuk Guru dan Calon Guru. Bandung : Tarsito.

E.T. Ruseffendi. (2010). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan & Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.

Kunandar .2009. Guru Professional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru.Jakarta: Rajawali Press.

Lestari. K. E dan Yudhanegara. M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : TP Refika Aditama.

Sumarno, Utari.2013. Berfikir dan Disposisi Matematik Serta Pembelajarannya. Kumpulan Makalah.FMIPA UPI. Bandung : Diterbitkan

Trianto (2010), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Jakarta : PT. Kencana.

Wardhani, Sri. 2008. Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/ MTs Untuk Optimalisasi Pencapaian Tujuan. [Online]. Tersedia: http://p4tkmatematika.org. [6 Desember 2017].

Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Widjajanti, Bondan D. dan Wahyudin. (2010). Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika Melalui Strategi Perkuliahan Kolaboratif Berbasis Masalah. [Online]. Diakses di http://www.staff.uny.ac.id. pada 4 Desember 2017.

Zainal Arifin. (2012). Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya