Vol. 4 No. 1 (2019)
Research

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMK

Lusiana Nopita Nandau
Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
Mumun Syaban
Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
Elly Retnaningrum
Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
Published June 29, 2019
Keywords
  • Komunikasi Matematis Siswa,
  • Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write,
  • TTW
How to Cite
Nandau, L. N., Syaban, M., & Retnaningrum, E. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMK. INTERMATHZO, 4(1), 29-36. Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/intermathzo/article/view/294

Abstract

Penelitian yang bertujuan menerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMK. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMK Bina Warga Bandung. Adapun sampel ditentukan dengan cara purposive sampling, didapat kelas X Akuntansi 1 sebagai kelas ekperimen terdiri dari 31 siswa dan X Multimedia sebagai kelas kontrol terdiri dari 28 siswa. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian kontrol non-ekivalen. Adapun instrumen dalam penelitian yang digunakan adalah tes uraian dengan instrumen penunjangnya adalah RPP dan lembar observasi sebanyak tiga kali pertemuan. Data yang dikumpulkan berupa pretest yang diberikan sebelum pembelajaran berlangsung dan postest diberikan setelah tiga pertemuan dilaksanakan. Data hasil pretest dan postest kemudian dianalisis menggunakan software SPSS versi 22 untuk melihat peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMK. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney U-test menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan komunikasi komunikasi matematis siswa secara signifikan.

References

Ansari, B.I. (2016). Komunikasi Matematik, Strategi Berfikir dan Manajemen Belajar: Konsep dan Aplikasi, Banda Aceh: Pena

Astuti, Kusumawati, Septiati. (2018). “Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write (TTW)”. Jurnal Nasional 21.

Engkoswara dan Aan Komariah, (2015), Administrasi Pendidikan, Bandung: CV Alfabeta, hal. 6.

Habsah, F. 2017. Developing Teaching Material Based on Realistic Mathematics Andoriented to the Mathematical Reasoning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 4 (1).

Hamdayana, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Huda, M. (2016). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lestari, Karunia Eka dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Ruseffendi, E.T. (1991). Penilaian Pendidikan dan Hasil Belajar Siswa Khususnya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Guru Dan Calon Guru. Bandung: IKIP Bandung.

Suhendra, (2015), Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika, Jakarta: Universitas Terbuka, hal. 722.

Shoimin, Aris. (2017). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: ArRuzz Media.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

_________. (2017). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sumarmo, U. (2005). Pengembangan Berfikir Matematik Tingkat Tinggi Siswa SLTP dan SMU Serta Mahasiswa Strata Satu (S1) Melalui Berbagai Pendekatan Pembelajaran. Laporan Penelitian Limit UPI: Tidak Diterbitkn.

Windha Hermawati. (2015). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Two Stay Two Stray Pada Siswa Kelas X Smk Muhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun 2014 / 2015. Naskah Pubikasi: Universitas Muhammadiyah Surakarta