Vol. 4 No. 1 (2019)
Research

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA

Muhammad Aziz
Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
Mumun Syaban
Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
Mochamad Rasyid Ridha
Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
Published June 29, 2019
Keywords
  • Kemampuan komunikasi matematis siswa,
  • , model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw
How to Cite
Aziz, M., Syaban, M., & Ridha, M. R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA. INTERMATHZO, 4(1), 37-44. Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/intermathzo/article/view/295

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan berpikir matematis yang wajib dimiliki oleh setiap siswa dan guru, supaya dalam belajar dan pembelajaran matematika dapat terlaksana dengan baik. Hal tersebut dikarenakan siswa yang memiliki kemampuan komunikasi matematis akan mampu untuk mengungkapkan gagasan-gagasan atau ide-ide matematis yang dapat memperjelas permasalahan yang terdapat dalam matematika, baik berupa gambar, maupun kalimat pemodelan matematika. Akan tetapi selama peneliti melaksanakan observasi sebelum penelitian disalah satu sekolah SMA di Bandung, bahwa kemampuan berpikir komunikasi matematis siswa secara tulisan masihlah rendah. Berdasarkan hal tersebut membuat peneliti ingin meningkatkan kemampuan berpikir komunikasi matematis siswa secara tulisan dengan menerapakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.   Metode dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen, karena peneliti ingin melihat sebab-akibat antara variable bebas dan variable terikat. Adapun tahapan dalam penelitian ini yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan dan tahap akhir. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa, dan terdapat perbedaan kemampuan berpikir komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif jigsaw dengan yang memperoleh pembelajaran langsung

References

Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika aditama.

Ali, Mohammad. (2009). Pendidikan Untuk Pembangunan Nasional. Bandung: Penerbit INTIMA.

Anita Lie. 2010. Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-RuangKelas. (Jakarta: Grasindo)

Ansari, Bansu Irianto. 2003. Menumbuhkembangkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematik Siswa SMU Melalui Strategi Think-Talk Write.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ansari, B. I. 2009. Komunikasi Matematika Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh: Yayasan Pena.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Fona Fitry Burais, dkk. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas. Banda Aceh. Universitas Syiah Kuala.

Hafni, Maulida, 2016, Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Pada Materi Bilangan Bulat Dengan Model Kooperatif Think-Pair-Share Pada Siswa Kelas VII Di MTs Al-Ishlahiyah Binjai T.A 2016/2017, FMIPA UNIMED, Medan.

Ibrahim, M. 2000. Pembelajaran Kooperatif. University Press. Surabaya.

Lestari, Karunia Eka., dkk. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung PT. Refika Aditama.

Lestari, Kurnia Eka dan M. Ridwan Yudhanegara 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Nanang Hibattulloh, Deddy Sofyan. 2014. Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Antara Yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Konvensional. Garut. STKIP Garut.

National Council Of Teachers Of Mathematics (NCTM). 2000. Principles And Standard For School Mathematics. The National Council Of Teachers Of Mathematics, INC.

Permendikbud, 2014, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 59 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah, Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Ruseffendi, E. T. 2010. Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito

Ruseffendi, E. T. Dkk. 1991. Pendidikan Matematika 3. Jakarta: Depdikbud.

Sari, Syandra Reflita. 2015. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa di Kelas VIII SMP Negeri 18 Padang Tahun Pelajaran 2013/2014. Padang. Universitas Negeri Padang

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sundayana, R 2015. Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Slavin, R. 2014. Cooperative learning and academic achievement: Why does groupwork work? Anales De Psicologia, 30, 785-791.

Trianto, 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Undang-Undang RI nomor 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan nasional (Sisdiknas) pasal 1

Undang-Undang RI nomor 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan nasional (Sisdiknas) pasal 37

Widaningsih. (2012). Perencanaan Pembelajaran Matematika. Bandung: Rizqi press.