Vol. 3 No. 2 (2018)
Research

Penerapan Metode Personalized System Of Instruction untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis

Mutiara Lestari
Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
Puji Budilestari
Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
Mochamad Rasyid Ridha
Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
Published December 31, 2018
Keywords
  • Kemampuan Pemahaman Konsep,
  • Metode Pembelajaran Personalized System of Instruction,,
  • Model Pembelajaran Direct Learning
How to Cite
Lestari, M., Budilestari, P., & Ridha, M. R. (2018). Penerapan Metode Personalized System Of Instruction untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis . INTERMATHZO, 3(2), 132-139. Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/intermathzo/article/view/289

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMA meningkat dengan menggunakan metode Personalized System of Instruction (PSI). Metode penelitian adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian The Nonequivalent Pretest- Posttest. Hasil penelitian adalah menunjukkan bahwa meningkatnya kemampuan pemahaman konsep matematis dengan penerapan metode Personalized System of Instruction. Dan terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis pada siswa SMA yang memperoleh metode pembelajaran Personalized System of Instruction (PSI) berbeda dengan yang memperoleh model pembelajaran Direct Learning (DL).

References

Irawan,F. (2006). Efektivitas Metode Personalized System of Instruction (PSI) dalam Kegiatan Pembelajaran Fisika di SMA. Skripsi FPMIPA UPI Bandung: tidak diterbitkan.

Nugraha, A. (2013). Pembelajaran Matematika melalui Metode Personalized System of Instruction (PSI) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Skripsi Sarjana Pendidikan Matematika FKIP UPI Bandung: tidak diterbitkan.

Purwosusilo. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMK Melalui Strategi Pembelajaran REACT. Jurnal Pendidikan dan Keguruan.

Putri M. M. (2014). Perbandingan Pemahaman Konsep Matematis Siswayang Mendapatkan Metode Pembelajaran PSI dengan Konvensional. Pasundan Journal of Mathematical Education, hal 78- 84.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wardhani, S. (2010). Teknik Pengembangan Instrumen Penelitian Hasil Belajar Matematika di SMP/MTs. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika.

Yatim, R. (2009). Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta. hal. 143.