Vol. 3 No. 1 (2018)
Research

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran STAD Berbantuan Software Wingeom 3D Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Bagja Nugraha Suryamiharja
Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
Puji Budilestari
Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
Irmawan
Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
Published June 30, 2018
Keywords
  • Model STAD,
  • Wingeom 3D,
  • Alat Peraga Manual,
  • Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis
How to Cite
Suryamiharja, B. N., Budilestari, P., & Irmawan. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran STAD Berbantuan Software Wingeom 3D Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Siswa . INTERMATHZO, 3(1), 23-29. Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/intermathzo/article/view/281

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran STAD berbantuan software Wingeom 3D dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran konvensional berbantuan alat peraga manual. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XII SMK Bina Warga Bandung tahun ajaran 2017/2018. Adapun sampel penelitiannya adalah 40 siswa kelas XII AP 3 sebagai kelas eksperimen dan 37 siswa kelas XII AP 1 sebagai kelas kontrol. Sampel tersebut dipilih secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes tipe uraian soal-soal pemahaman konsep matematis tertulis dan lembar observasi. Lembar observasi digunakan untuk melihat aktivitas proses pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan, ada perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran STAD berbantuan software Wingeom 3D (kelas eksperimen) dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran konvensional berbantuan alat peraga manual (kelas kontrol). Dengan demikian Model pembelajaran STAD berbantuan software Wingeom 3D dapat dijadikan alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajarannya untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis.

References

Anita, Bornok Sinaga, (2015). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Siswa SMP Swasta Trisakti 2 Medan. Inspiratif, Vol.1 No. 1 hal. 1-9

Alim, Slamet, & Dwiji, (2014). “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Pemahaman Konsep Pecahan”. Vol. 2 No. 5.[online]. Tersedia http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ pgsdsolo/article/view/2875. [18 Maret 2018]

Ayu, Caswita & Nurhanurawati. (2014) . Antara, Badan Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa.[online]. Tersedia http://download.portalgaruda.org/arti cle. [18 Maret 2018]

Agregasi. (2015).Kemampuan Matematika Siswa Indonesia Memprihatinkan. Okezone.com, 18 Oktober 2017. [online]. Tersedia https://news.okezone.com/read/2017/10/18/65/1797678/waduh- kemampuan- matematika-siswa- indonesia- memprihatinkan. [15 Maret 2018] Standar Nasional Pendidikan (BSNP). (2006). Model Penilaian Kelas. Jakarta : Depdiknas.

Fathani, Abdul (2016). Pengembangan Literasi Matematika Sekolah dalam Perspektif Multiple Intelligences. V ol.4 No.2. ISSN: 2338-4387. hlm 137. [online]. Tersedia http://e- journal.iain- palangkaraya.ac.id/index.php/edusai dan Pembelajaran Matematika ns/article/view/524. [18 Desember
2017]

Fauzan, Ahmad (2011). Modul 1 Evaluasi Pembelajaran Matematika. Pemecahan Masalah Matematika.
Evaluasimatematika.net: UNP

Harris, Abd (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation pada Materi Geometri Berbantuan Geogebra Ditinjau dari Self- Efficacy. Vol.7 No.1. ISSN: 2008 -0294. hlm.38. [online]. Tersedia http://jurnal.lppmstkiptsb.ac.id/index
.php/jpm/article. [18 desember 2017]

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016) Silabus Mata Pelajaran SMA/MA/SMK/MAK Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Kemendikbud.

Kilpatrick, J., Swafford, & Findell (2001). Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics. Washington. DC : National Academy Press

Lestari, K. & Y udhanegara, M (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama

OECD (2015). PISA Result 2015. [online]. Tersedia https://www.oecd.org/pisa/pisa- 2015-results- in-focus.pdf. [5 Maret 2018]

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.59 Tahun 2014 tanggal 14 Juli 2014. Tentang Kurikulum 2013 SMA/MA.

Rudhito, Andy (2008). Geometri dengan Wingeom. Yogyakarta: USD

Ruseffendi, E.T. (2010). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non Eksata Lainnya. Bandung: Tarsito

Slavin, Robert.E. (2008). Teori Pembelajaran Kooperatif, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media

Sudjana (2005). Metode Statistika Edisi ke- 6. Bandung : Tarsito

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suherman, Erman. (2003a). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: JICA UPI

Suherman, Erman. (2012b). Belajar dan Pembelajaran Matematika. Bandung: tidak diterbitkan.

Turmudi (2008). Taktik dan Strategi Pembelajaran Matematika (Berparadigma Eksploratif dan Investigatif). Jakarta : Leuser Cipta Pustaka.

Zevika, Mona, dkk. (2012). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Padang Panjang Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Disertai Peta Pikiran. Jurnal Pendidikan Matematika 1 (1): 45- 50.