Vol. 3 No. 2 (2018)
Research

Penerapan Metode Improve untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP

Irma Meilani
Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
Elly Retnaningrum
Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
Irmawan
Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
Published December 31, 2018
Keywords
  • Kemampuan Komunikasi Matematis,
  • Metode improve
How to Cite
Meilani, I., Retnaningrum, E., & Irmawan. (2018). Penerapan Metode Improve untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP . INTERMATHZO, 3(2), 114-121. Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/intermathzo/article/view/287

Abstract

Matematika merupakan materi yang diajarkan di jenjang pendidikan Sekolah Dasar, Menengah, Atas maupun perguruan tinggi. Kemampuan komunikasi matematika diperlukan untuk proses berjalannya kegiatan belajar mengajar. Namun kemampuan komunikasi matematis masih rendah. Hal tersebut diakibatkan karena pendidik kurang melatih kemampuan komunikasi matematis siswa serta kurangnya pemberian soal-soal latihan metakognitif yang dapat merangsang siswa untuk memiliki kemampuan komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode improve untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP serta untuk mengetahui apakah metode improve lebih baik daripada pembelajaran model konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas VIII SMP Negeri 28 Bandung tahun ajaran 2018-2019. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu tertulis dan lembar observasi. Analisis data yang digunakan menggunakan bantuan SPSS 22 for windows. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis yang mendapatkan pembelajaran metode improve lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Dengan demikian penerapan metode improve dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis.

References

Goos, M. (1995). Metakognitive Knowledge, Beliefs, and Classroom Mathematics.

Huda, Miftahul.(2015). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mavarech, Z & Kramarski, B. (1997). IMPROVE: A multidimensional method for teaching matmematics in heterogeneous classrooms. American Educational Research Journal, Summer 1997, 34(2). Tersedia di: http://journals.sagepub.com/doi/pdf/10 .3102/00028312034002365 [Diakses 18 Mei 2019]

Sugiyono, (2016). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sumarmo, Utari, (2014). Pengembangan Hard Skill Dan Soft Skill Matematika Bagi Guru Dan Siswa Untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Makalah pada seminar program pascasarjana Pendidikan Matematika. STKIP Siliwangi Bandung.