Vol. 3 No. 1 (2018)
Research

Penerapan Model Pembelajaran Treffinger untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK

Ari Widiyanto
Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
Reviandari Widyatiningtyas
Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
Elly Retnaningrum
Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
Published June 30, 2018
Keywords
  • kemampuan pemecahan masalah,
  • Model Treffinger
How to Cite
Widiyanto, A., Widyatiningtyas, R., & Retnaningrum, E. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Treffinger untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK. INTERMATHZO, 3(1), 5-10. Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/intermathzo/article/view/278

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk menguji efektivitas model pembelajaran Treffinger pada mata pelajaran matematika dalam upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Populasi penelitian ini ialah siswa SMK Negeri 3 Bandung. Untuk mencapai tujuan penelitian ini, sampel telah ditentukan yaitu kelas X- Ak 1 untuk kelas eksperimen dan kelas X-Ak 2 untuk kelas kontrol sebagai objek penelitian. Jumlah siswa masing masing kelas yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol terdiri atas 35 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu dengan membuat desain RPP sebanyak tiga kali pertemuan untuk masing- masing kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji anova dan uji-t menunjukkan bahwa model pembelajaran Treffinger memiliki keunggulan yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak menggunakan pembelajaran Treffinger secara signifikan dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Keunggulan itu baik dilihat dari masing masing indikator kemampuan pemecahan masalah siswa yang semakin baik setelah diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil tersebut disarankan kepada guru matematika untuk menggunakan model pembelajaran Treffinger sebagai salah satu alternatif model dalam mata pelajaran matematika sehingga dapat meningkatkan mutu pembelajaran matematika, khususnya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada mata pelajaran matematika.

References

Departemen Pendidikan Nasional. (2012). Undang-Undang Sisdiknas (Sistem Pendidikan Nasional). Bandung: Fokusindo Mandiri.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lestari, K.E. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Munandar, U. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Nugroho, A.N. (2011). Olah Data Dengan SPSS. Yogyakarta: Skripta Media Creative.

Ruseffendi, E.T. (2010). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan & Bidang Non- Eksakta Lainnya. Bandung : Tarsito

Suherman, E. (2012). Belajar dan Pembelajaran Matematika. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Wikipedia. (2017). Programme for International Student Assessment. [Online]. Tersedia:https://en.wikipedia.org/wiki/Pr ogramme_for_International_Student_Ass essment. [23 Desember 2017].