Vol. 4 No. 1 (2019)
Research

Penerapan Model Pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP

Widi Nurul Wukupyanti
Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
Reviandari Widyatiningtyas
Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
Published June 29, 2019
Keywords
  • Pemahaman konsep matematis siswa,
  • model pembelajaran SQ4R
How to Cite
Wukupyanti, W. N., & Widyatiningtyas, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP. INTERMATHZO, 4(1), 54-69. Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/intermathzo/article/view/297

Abstract

Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran SQ4R dan apakah peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran model SQ4R lebih baik dari pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuasi eksperimen, dengan desain eksperimen kotrol pretes-postes. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa SMP Kemala Bhayangkari dengan sampel kelas VIIA yang berjumlah 21 dan kelas VIIB yang berjumlah 20. Hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis yang pembelajarannya menggunakan model SQ4R, dan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran SQ4R lebih baik dari pembelajaran konvensional.

References

Arhasy, Ebih. AR., Ratna, R., dan Heryano, Yeni. (2015). Kontribusi Pembelajaran Kontekstual dengan Teknik SQ4R terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Berpikir Kritis Matematis.1(1): halaman 21-31. FKIP Universitas Siliwangi.

I Gunawan et-al (2019) “Exploration Of The Behavior Of Understands Mathematical Concepts of Junior high school Student” Journal of Physics: Conference Series, Volume 1157, Issue 4

Milda Herniyuniarti (2014) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smk. . Skripsi Pendidikan Matematika FKIP UNLA Bandung: Tidak Diterbitkan.

Rasjid, Y. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Survey Question Read Reflect Recite Review (SQ4R) dengan Metode Talking Stick Terhadap Keterampilan Metakognisi dan Hasil belajar Biologi Siswa SMAN 9 Makassar. Biotek, 3(1): halaman 173.

Rosahdi, W. S. (2011). Teknik SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Dalam Kelompok Kecil Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP. Skripsi Pendidikan Matematika FKIP UNPAS Bandung: Tidak Diterbitkan.

Ruseffendi, E.T. (1991). Penilaian Pendidikan Dan Hasil Belajar Siswa Khusus Dalam Pengajaran Matematika Untuk Guru Dan Calon Guru. Bandung: IKIP Bandung.

Ruseffendi, E.T. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Ruseffendi, E.T. (2010). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan Dan Bidang Non-Eksata Lainnya. Bandung: Tarsito.

Rustina, Ratna. (2014). Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kontekstual dengan Teknik SQ4R terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan

Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Negeri 8 Kota Tasikmalaya. 1(1): artikel 9. Universitas Terbuka.

Santrock, J.W. (2008). Psikolog Pendidikan. (Terjemah Triwibowo) New York: Mcgraw-Hillcompany

Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta, CV.

Suherman, Erman. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : JICA. Universitas Pendidikan Indonesia

Sumarmo, U. (1987). Kemampuan Pemahaman Dan Penalaran Matematik Siswa Sma Dikaitkan Dengan Penalaran Logik Siswa Dan Beberapa Unsur Proses Belajar Mengajar. Disertasi Pada Paskasarjana Ikip Bandung :Tidak Diterbitkan.

Sumarmo, Utari. (2010). Berpikir Dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, Dan Bagaimana Dikembangkan Pada Peserta Didik. Artikel Pada FPMIPA UPIBandung.

Usman, F. A., & Ekasatya, A. A.(2017) Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa melalui Model Pembeljaran Auditory Intellectualy Repetition dan Problem Best Learning. STKIP Garut.11: halaman 72-100.