Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMK

Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMK

Authors

  • Fany Septian Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Reviandari Widyatiningtyas Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana

Keywords:

mathematical critical thinking, reciprocal teaching model

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMK dengan menggunakan model Reciprocal Teaching. Metode penelitian ini adalah kuasi ekperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas X SMK jurusan multimedia di SMK 3 Bandung tahun ajaran 2018-2019. Sampel dalam penelitian ini sebanyak dua kelas, satu kelas ekperimen dan kelas kontrol, siswa kelas X MM 2 yang berjumlah 36 sebagai kelas ekperimen dan X MM 3 yang berumlah 36 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes uraian untuk mengetes kemampuan berpikir kritis matematis. Analisis data penelitian ini dilakukan menggunakan Sofware SPSS 24 Windows. Berdasarkan analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih baik dari model konvensional.

References

Ali Hamzah dan Muhlisrarin. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Amin Suyitno. 2006. Dasar-Dasar Dan Proses Pembelajaran Matematika 1. Semarang: Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Semarang.

Amir, Sofyan. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Pretasi Pustakarya. Jakarta CBSA

E.T. Russefendi. (1991) Penilaian Pendidikan Dan Hasil Belajar Siswa Khusunya Dalam Pembelajaran Matematika.

Eny Sulistiani. (2016). Pentingnya Berpikir

Nur Annisa (2017). Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampaun Berpikir Kritis Matematis Siswa di Salah Satu SMA Negeri di Kota Bandung. Skripsi UNLA tidak dipublikasi.

Rizky et al, Umam & Kowiyah, (2018) Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Reciprocal Teaching [Online].

Rohaminah. S(2008). Pengaruh Pembelajarn Penemuan Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Disertasi Pada PPS UPI tidak dipublikasi.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta

Downloads

Published

2018-12-31

How to Cite

Septian, F., & Widyatiningtyas, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMK. INTERMATHZO, 3(2), 106–113. Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/intermathzo/article/view/286

Issue

Section

Research

Most read articles by the same author(s)

Loading...