Vol. 3 No. 1 (2018)
Research

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Team Asssisted Individualization Terhadap Peningkatan Kemampuan Analisis Matematis Siswa SMA

Wiwik Rohmiyati
Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
Reviandari Widyatiningtyas
Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
Mochamad Rasyid Ridha
Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
Published June 30, 2018
Keywords
  • Analisis matematis,
  • model pembelajaran kooperatif,
  • Team Asssisted Individualization,
  • TAI
How to Cite
Rohmiyati, W., Widyatiningtyas, R., & Ridha, M. R. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Team Asssisted Individualization Terhadap Peningkatan Kemampuan Analisis Matematis Siswa SMA. INTERMATHZO, 3(1), 30-33. Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/intermathzo/article/view/282

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan analisis matematis siswa SMA setelah penerapan model pembelajaran kooperatif Team Asssisted Individualization. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian yaitu desain kelompok kontrol non-ekivalen. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t melalui program SPSS 22.0 for Windows yaitu dengan menggunakan Independent Sample t-Tes. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan, bahwa terdapat peningkatan kemampuan analisis matematis siswa pada kelas yang memperoleh model pembelajaran kooperatif Team Asssisted Individualization sebesar 0,70 dengan kategori peningkatan yang tinggi. Selain itu, peningkatan kemampuan analisis pada kelas yang memperoleh model pembelajaran kooperatif Team Asssisted Individualization lebih baik dari pada siswa kelas kontrol yang memperoleh model pembelajaran konvensional. Dengan demikian model pembelajan kooperatif Team Asssisted Individualization dapat dijadikan alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajarannya untuk meningkatkan kemampuan analisis matematis siswa.

References

Amir, M. Taufiq. (2009). Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning.. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Jarmita, Nida. (2012). Penerapan Pembelajaran Kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan pemahaman matematis siswa pada pokok bahasan bangun ruang. [Online]. tersedia https://media.neliti.com/media/publicatio ns/82979-ID-penerapan-pembelajaran- kooperatif-tipe-s.pdf. jurnal ilmiah V ol XIII No. I, 150-172. [13 April 2018].

Komariah, Kokom. (2011). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Model Polya untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah bagi Siswa Kelas IX J di SMPN 3 Cimahi. [Online] tersedia di https://eprints.uny.ac.id/7195/1/PM- 25%20-%20Kokom%20Komariah.pdf. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta. [18 November 2017]

Lestari, Karunia Eka dan Mokhamad Ridwan Y udhanegara. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT. Refika Aditama.

Ruseffendi, E.T. (2010). Dasar – dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non- eksakta Lainnya. Bandung : Tarsito.

Sulastri, Erni. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation untuk meningkatkan kemampuan Analisis Matematis Siswa SMA. Tidak dipublikasikan. Bandung: Universitas Langlangbuana.

Syaifuddin, M Wahid. (2013). Eksperimentasi Model Pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada pokok bahasan Relasi dan Fungsi Ditinjau dari kemampuan awal siswa. [Online] tersedia http://journal.unwidha.id/index.php/magi stra/article/view/271 Magistra No. 83. Th. XXV (Maret 2013) ISSN 0215-9511. [12 Desember 2017].