Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMK

Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMK

Penulis

  • Fany Septian Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Reviandari Widyatiningtyas Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana

Kata Kunci:

mathematical critical thinking, reciprocal teaching model

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMK dengan menggunakan model Reciprocal Teaching. Metode penelitian ini adalah kuasi ekperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas X SMK jurusan multimedia di SMK 3 Bandung tahun ajaran 2018-2019. Sampel dalam penelitian ini sebanyak dua kelas, satu kelas ekperimen dan kelas kontrol, siswa kelas X MM 2 yang berjumlah 36 sebagai kelas ekperimen dan X MM 3 yang berumlah 36 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes uraian untuk mengetes kemampuan berpikir kritis matematis. Analisis data penelitian ini dilakukan menggunakan Sofware SPSS 24 Windows. Berdasarkan analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih baik dari model konvensional.

Referensi

Ali Hamzah dan Muhlisrarin. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Amin Suyitno. 2006. Dasar-Dasar Dan Proses Pembelajaran Matematika 1. Semarang: Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Semarang.

Amir, Sofyan. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Pretasi Pustakarya. Jakarta CBSA

E.T. Russefendi. (1991) Penilaian Pendidikan Dan Hasil Belajar Siswa Khusunya Dalam Pembelajaran Matematika.

Eny Sulistiani. (2016). Pentingnya Berpikir

Nur Annisa (2017). Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampaun Berpikir Kritis Matematis Siswa di Salah Satu SMA Negeri di Kota Bandung. Skripsi UNLA tidak dipublikasi.

Rizky et al, Umam & Kowiyah, (2018) Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Reciprocal Teaching [Online].

Rohaminah. S(2008). Pengaruh Pembelajarn Penemuan Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Disertasi Pada PPS UPI tidak dipublikasi.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta

Diterbitkan

2018-12-31

Cara Mengutip

Septian, F., & Widyatiningtyas, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMK. INTERMATHZO, 3(2), 106–113. Diambil dari https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/intermathzo/article/view/286

Terbitan

Bagian

Research

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Loading...