Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Audio Visual Powtoon untuk Meningkatkan Motivasi Belajar

Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Audio Visual Powtoon untuk Meningkatkan Motivasi Belajar

Authors

  • Dian Liesdiani Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Erliany Syaodih Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Popon Mariam Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana

Abstract

Permasalahan kurangnya motivasi belajar siswa pada pembelajaran ekonomi satu faktor penyebab diantaranya yaitu kurangnya kreatifitas guru dalam menyajikan multimedia yang menarik dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, peneliti membuat serta mengembangkan multimedia pembelajaran audio visual powtoon dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran ekonomi.Tujuan dalam penelitian ini mengembangkan multimedia pembelajaran berbasis audio visual PowToon untuk pembelajaran ekonomi bagi peningkatan motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Populasi yang digunakan adalah kelas X Lintas Minat Ekonomi di SMA Negeri 11 Bandung. Sampel yang digunakan pada saat ujicoba terbatas yaitu kelas X Lintas Minat Ekonomi 4, sedangkan pada saat ujicoba luas adalah kelas X Lintas Minat Ekonomi 2 dengan menggunakan Quasi Experimental Design bentuk Nonequivalent Control Group Design. Berdasarkan hasil pengolahan data disimpulkan bahwa pengembangan multimedia pembelajaran berbasis audio visual powton lebih efektif digunakan meningkatkan motivasi belajar siswa dibandingkan tidak menggunakan multimedia pembelajaran audio visual powtoon.

References

Direktorat Sekolah Menengah Pertama, 2006. Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional .

Gall, M. D., Gall, J. P. & Borg, W. R., 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Edition ed. Boston: Pearson Eduction, Inc.

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran. RajaGrafindo Persada.

Sadiman, A., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (1986). Media Pendidikan :Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatan. Jakarta: Rajawali. Jakarta: Rajawali.

Sadirman, A. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja.

Suleiman, A. (2005). Media Audio-Visual untuk Pengajaran, Penerangan dan Penyuluhan. Jakarta: PT Gramedia.

Sutopo, A. (2003). Multimedia interaktif dengan flash. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tegeh, I., & S, W. (2015). Desain Multimedia Pembelajaran. Yoyakarta: Media.

Yoram, N. (Yoram, Nakamnanu.(2015) Motivasi dan Hasil Belajar Siswa, Jakarta : Kresna Bina Insan P2015). Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jakarta: Kresna Bina Insan Prima.

Downloads

Published

2016-12-01

How to Cite

Liesdiani, D., Syaodih, E., & Mariam, P. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Audio Visual Powtoon untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 2(2). Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/135

Issue

Section

Research

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 
Loading...