Efektivitas Media Pembelajaran Video Tutorial Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Siswa dalam Membuat Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa

Efektivitas Media Pembelajaran Video Tutorial Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Siswa dalam Membuat Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa

Authors

  • Kitri Nasrulloh Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Asep Hidayat Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Ria Herdhiana Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana

Abstract

Masih banyak siswa/siswa Sekolah Menengah Atas pada jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang kesulitan membuat siklus akuntansi perusahaan jasa. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris tentang efektivitas media pembelajaran video tutorial untuk meningkatkan kemampuan pemahaman siswa dalam membuat siklus akuntansi perusahaan jasa. Penelitian ini menggunakan media pembelajaran video tutorial dengan menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII jurusan IPS di salah satu SMAN Kota Bandung. Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: terdapat perbedaan kemampuan keterampilan siswa yang menggunakan media pembelajaran vidoe tutorial di kelompok eksperimen dibandingkan pada kelompok kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional, dengan hasil rerata pada kelompok eksperimen lebih tinggi dari pada kelompok kontrol; dan terdapat peningkatan keterampilan siswa dengan menggunakan media pembelajaran video tutorial lebih baik, karena terdapat peningkatan yang sangat signifikan daripada kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional, dapat terlihat dari hasil uji gain dengan interprestasi tinggi pada kelompok eksperimen dan sedang pada kelompok kontrol.

References

Ahmadi, abu. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Bandung. CV Pustaka Setia

Al-Firdaus,Iqra.2010. Buku Lengkap Tuntunan Menjadi Kameraman Profesional: dari nol hingga jago, dari A-Z, dari teori hingga tips-tips praktis. Yogyakarta. Buku Biru

Arsyad, azhar.2011.Media Pembelajaran. Jakarta. Rajawali Pers Bastian, indra.2006. Akuntansi Pendidikan. Jakarta: Erlangga Cheppy,Riyana.2007. Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta. P3AI UPI

Dananjaya, utomo. 2010. Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Penerbit nuansa

Daryanto.2013. Media Pembelajaran. Yogyakarta. Gava Media Hery. 2012. Akuntansi keuangan menengah 1. Jakarta. Bumi aksara

Kasmir. 2013. Analisis Laporan Keuangan.Jakarta. Raja grafindo persada Prastowo, andi. 2013. Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Jogjakarta: Diva pers

Purwanto, Ngalim. 2013. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Ruseffendi, 2005. Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan & Bidang Non-Eksakta lainnya. Bandung. Tarsito

Sadiman, arief. 2014. Media Pendidikan. Jakarta. Rajawali pers Santrock, John. 2010. Psikologi pendidikan. University of texas at dallas

Sardiman. 2012. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers Soemarso. 2004. Akuntansi Suatu Pengantar. Jakarta: Salemba Empat Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Bandung. Alfabeta

................ .2016. Metode penelitian. Bandung. Alfabeta

Syaodih, Nana. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Remaja Rosdakarya

Tim Redaksi Pusat Bahasa Depdiknas.2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia (edisi ketiga). Jakarta. Balai Pustaka

Uno, Hamzah.2012. Assesment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

.................... .2013. Teori Motivasi Dan Pengukurannya Analisis Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Downloads

Published

2017-09-01

How to Cite

Nasrulloh, K., Hidayat, A., & Herdhiana, R. (2017). Efektivitas Media Pembelajaran Video Tutorial Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Siswa dalam Membuat Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 3(1). Retrieved from http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/140

Issue

Section

Research

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >> 
Loading...