Vol. 5 No. 2 (2019)
Research

Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar

Irna’s Dewi Wahyuningsih
Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
Asep Hidayat
Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
Cucu Lisnawati
Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
JP2EA Vol. 5 No. 2 Desember 2019
Published December 31, 2019
Keywords
  • Lembar Kerja Siswa,
  • Kemandirian Belajar,
  • Sistem Pembayaran
How to Cite
Wahyuningsih, I. D., Hidayat, A., & Lisnawati, C. (2019). Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 5(2), 85-94. Retrieved from http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/326

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini ialah untuk menguji lembar kerja siswa untuk meningkatkan kemandirian belajar. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental design dengan desain penelitian nonequivalent control group design dan penelitian bersifat kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X IPA lintas minat ekonomi di SMA Negeri 11 Bandung, dimana X IPA lintas minat ekonomi 1 adalah kelas kontrol  dan X IPA lintas minat ekonomi 2 adalah kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi kemandirian belajar, observasi pelaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data dengan uji hipotesis. Berdasarkan hasil pengolahan data, dapat disimpulkan bahwa penggunaan lembar kerja siswa dapat digunakan dalam pembelajaran sistem pembayaran untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa dibandingkan buku ajar.

References

Ali, M., & Asrori, M. (2011). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Jakarta.

Bahri, S. D. (2014). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Desmita. (2016). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hidayat, A. (2017). Begini Cara Pengujian Hipotesis Komparatif Dengan Uji T-Test Menggunakan Excel dan SPSS. Bandung: Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Langlangbuana.

Hidayat, A. (2017). Begini Cara Pengujian Normalitas dan Homogenitas. Bandung: Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Langlangbuana.

Hidayat, A. (2017). Begini Cara Pengujian Validitas dan Reabilitas Instrumen. Bandung: Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP.

Hidayat, A. (2017). Cara Uji Normalitas dan Homogenitas. Bandung: Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan MAtematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Prastowo, A. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIV Press.

Rahmawaty. (2013). Efektifitas Penggunaan Lembar Kerja Siswan (LKS) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata PElajaran IPS Geografi di Kelas VIII SMP Negeri 6 Pasangkayu. Tadulako: Pendidikan Matematika Univeritas Tadulako.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Syarifudin. (2012). Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat. Medan: Perdana Publishing.

Wicaksono, A. (2016). Teori Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: Garudhawaca.

Widodo, T. (2012). Peningkatan Kemandirian Belajar PKn Melalui Model Problem Solving Menggunakan Metode Diskusi Pada Siswa Kelas V SD Negeri Rejowinangun III Kotagede Yogyakarta. Yogyakarta.