Vol. 3 No. 1 (2017)
Research

Efektivitas Media Pembelajaran Video Tutorial Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Siswa dalam Membuat Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa

Kitri Nasrulloh
Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
Asep Hidayat
Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
Ria Herdhiana
Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
Published September 1, 2017
How to Cite
Nasrulloh, K., Hidayat, A., & Herdhiana, R. (2017). Efektivitas Media Pembelajaran Video Tutorial Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Siswa dalam Membuat Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 3(1). Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/140

Abstract

Masih banyak siswa/siswa Sekolah Menengah Atas pada jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang kesulitan membuat siklus akuntansi perusahaan jasa. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris tentang efektivitas media pembelajaran video tutorial untuk meningkatkan kemampuan pemahaman siswa dalam membuat siklus akuntansi perusahaan jasa. Penelitian ini menggunakan media pembelajaran video tutorial dengan menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII jurusan IPS di salah satu SMAN Kota Bandung. Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: terdapat perbedaan kemampuan keterampilan siswa yang menggunakan media pembelajaran vidoe tutorial di kelompok eksperimen dibandingkan pada kelompok kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional, dengan hasil rerata pada kelompok eksperimen lebih tinggi dari pada kelompok kontrol; dan terdapat peningkatan keterampilan siswa dengan menggunakan media pembelajaran video tutorial lebih baik, karena terdapat peningkatan yang sangat signifikan daripada kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional, dapat terlihat dari hasil uji gain dengan interprestasi tinggi pada kelompok eksperimen dan sedang pada kelompok kontrol.

References

  1. Ahmadi, abu. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Bandung. CV Pustaka Setia
  2. Al-Firdaus,Iqra.2010. Buku Lengkap Tuntunan Menjadi Kameraman Profesional: dari nol hingga jago, dari A-Z, dari teori hingga tips-tips praktis. Yogyakarta. Buku Biru
  3. Arsyad, azhar.2011.Media Pembelajaran. Jakarta. Rajawali Pers Bastian, indra.2006. Akuntansi Pendidikan. Jakarta: Erlangga Cheppy,Riyana.2007. Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta. P3AI UPI
  4. Dananjaya, utomo. 2010. Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Penerbit nuansa
  5. Daryanto.2013. Media Pembelajaran. Yogyakarta. Gava Media Hery. 2012. Akuntansi keuangan menengah 1. Jakarta. Bumi aksara
  6. Kasmir. 2013. Analisis Laporan Keuangan.Jakarta. Raja grafindo persada Prastowo, andi. 2013. Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Jogjakarta: Diva pers
  7. Purwanto, Ngalim. 2013. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
  8. Ruseffendi, 2005. Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan & Bidang Non-Eksakta lainnya. Bandung. Tarsito
  9. Sadiman, arief. 2014. Media Pendidikan. Jakarta. Rajawali pers Santrock, John. 2010. Psikologi pendidikan. University of texas at dallas
  10. Sardiman. 2012. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers Soemarso. 2004. Akuntansi Suatu Pengantar. Jakarta: Salemba Empat Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Bandung. Alfabeta
  11. ................ .2016. Metode penelitian. Bandung. Alfabeta
  12. Syaodih, Nana. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Remaja Rosdakarya
  13. Tim Redaksi Pusat Bahasa Depdiknas.2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia (edisi ketiga). Jakarta. Balai Pustaka
  14. Uno, Hamzah.2012. Assesment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
  15. .................... .2013. Teori Motivasi Dan Pengukurannya Analisis Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara