Vol. 5 No. 1, Juni 2019
Research

Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Modul terhadap Ketuntasan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi

Chika Gustarie
Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
Asep Hidayat
Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
Fugiyar Suherman
Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
JP2EA Vol. 5 No. 1 Juni 2019
Published June 29, 2019
Keywords
  • bahan ajar modul,
  • ketuntasan belajar
How to Cite
Gustarie, C., Hidayat, A., & Suherman, F. (2019). Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Modul terhadap Ketuntasan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 5(1), 21-29. Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/320

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tidak tercapainya ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Kenyataan di lapangan peneliti menemukan permasalahan yaitu tidak tercapainya ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi, salah satu faktor penyebabnya yaitu kurangnya ketersediaan dan penggunaan bahan ajar yang sesuai dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, peneliti mencoba membuat bahan ajar modul dan menguji pengaruhnya terhadap ketuntasan belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian quasi experimental dengan desain nonequivalent control group design dan bersifat kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah SMA Negeri 11 Bandung kelas X IPA, dimana X IPA 1 sebagai kelas kontrol dan X IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi pelaksanaan pembelajaran di kelas. Berdasarkan hasil pengolahan data, dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan bahan ajar modul lebih efektif digunakan dalam pembelajaran objek dan cara pengenaan pajak terhadap ketuntasan belajar siswa dibandingkan dengan bahan ajar buku.

References

Daryanto. (2013). Menyusun Modul untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Hidayat, A. (2017). Begini Caranya Menentukan Populasi dan Sampel untuk Penulisan Skripsi. Bandung: Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Langlangbuana.

Majid, A. (2015). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2013). Pengembangan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Permendikbud. (2014). Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Permendikbud.

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Sumiati, & Asra. (2009). Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.