Efektivitas Multimedia Interaktif Berbasis Power Point untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa
Abstract
Penelitian dilakukan untuk mengetahui minat belajar siswa SMAN 12 bandung kelas XI IPS 3 pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas multimedia interkatif berbasis power point untuk meningkatkan minat belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa SMAN 12 Bandung. Untuk mencapai tujuan penelitian ini maka penarikan sampel ditentukan oleh guru SMAN 12 bandung sehingga kelas XI IPS 3 terpilih sebagai obejek penelitian kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai objek penelitian kelas control. Jumlah siswa terdiri dari 40 siswa dan untuk pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket atau kuesioner yang berisi 25 pernyataan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan efektivitas multimedia interkatif berbasis power point untuk meningkatkan minat belajar siswa didapatkan hasil bahwa minat belajar siswa meningkat dengan menggunakan media pembelajaran berbasis powerpoint interaktifkeunggulan ini baik dilihat dari masing-masing indicator min belajar siswa yang mencakup perhatian siswa, ketertarikan siswa, perasaan senang dan keterlibatan siswa yang semakin baik setelah diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil yang diperoleh tersebut disarankan kepada guru ekonomi dan guru mata pelajaran lainnya untuk menggunakan media powerpoint interaktif sebagai salah satu alternative media pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar siswa.References
A.Rauf, dewi. (2013). Meningkatkan minat belajar siswa tentang globalisasi melalui model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing [online], volume 1, halaman 4, tersedia : http://kim.ung.ac.id
Daryanto (2013) media pembelajaran. yogyakarta: Gava Media
Djamarah ,bahri saiful (2011) psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Irawandi, uska.(2014). Hubungan minat belajar dengan hasil belajar kompetensi kejuruan gambar teknik siswa kelas X teknik kendaraan ringan di SMK Negeri 8 Padang. (skripsi). Sekolah sarjana, Universitas Negeri Padang,Padang
Dharmayana, wayan (2012) keterlibatan siswa (student engagement) sebagai mediator kompetensi emosi dan prestasi akademik.(skripsi). Sekolah sarjana. Universitas Bengkulu.Bengkulu.
Karunia, E.L. & Mokhammad, R.Y. (2016). Penelitian pendidikan matematika. Meity H. Idris & Izul ramdani (2015). Menumbuhkan minat membaca pada anak usia dini.jakarta:luxima metro media
Nurhasanah, siti. (2016). Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa.(skripsi). Sekolah sarjana.Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Purwanto ,M. Ngalim, 2008 psikologi pendidikan. Jakarta:Remaja Rosda Karya Riyana, cepy (2009). teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Jakarta: Pt sarana panca karya nusa
Rudi, S. & Riyana, C (2013). media pembelajaran. Bandung :cv wacana prima. Sardiman, 2010.interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta Sanjaya, wina, (2012 )media komunikasi pembelajaran.jakarta: prenada media group
Siphiwelas, hari (2013) peningkatan keterlibatan siswa secara aktif dalam pembelajaran IPA menggunakan pendekatan kontekstual pada siswa kelas IV. (skripsi). Sekolah sarjana, Universitas Tanjungpura. Pontianak
Sugiyono. 2016. Metode penelitian kombinasi. Bandung. Alfabeta Sugiyono. 2013 metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R& D Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Bandung. Alfabeta
Tim EMS, 2012 Tip dan trik animasi power point.jakarta:gramedia