Vol. 5 No. 1, Juni 2019
Research

Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa

Adilah Taufiq Nugraha
Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
Asep Hidayat
Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
Ilyas
Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
JP2EA Vol. 5 No. 1 Juni 2019
Published June 29, 2019
Keywords
  • media pembelajaran animasi,
  • mata pelajaran ekonomi,
  • keaktifan belajar siswa
How to Cite
Nugraha, A. T., Hidayat, A., & Ilyas. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 5(1), 1-9. Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/318

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan Keaktifan Belajar Siswa dalam mata pelajaran ekonomi. Berdasarkan hal tersebut peneliti mencoba membuat Media Pembelajaran Berbasis Animasi dalam upaya meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada mata pelajaran Ekonomi. Penelitian ini bersifat Kuantitatif dengan menggunakan metode pre- experimental dan desain penelitian The Static-Group Comparasion Design. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 11 Bandung kelas X, dimana X IPS 4 sebagai kelas eksperimen dan X IBB 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran, lembar angket dan daftar ceklis. Berdasarkan hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis Animasi lebih efektif dalam meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa dalam mata pelajaran Ekonomi.

References

Alfianka, Ninit. (2018). Buku Ajar Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Deepublish.

Hamalik, Oemar. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Prakoso, Gatot. (2010). Animasi, Pengetahuan Dasar Film Animasi Indonesia. Jakarta: Yayasan Seni Visual Indonesia.

Sanjaya, Wina. (2013). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Praneda Media Group.

Sinar. (2018). Metode Active Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Sukwiaty, dkk. (2014). Ekonomi SMA Kelas X. Bandung: Yudisthira.

Turkkan, Tugrul. (2018). How Animation is Helpful in Enhancing

Enterprise Learning. [Online]. Tersedia di https://elearningindustry.com/ani mation-in-enterprise-learning- helpful-enhancing-how.