Vol. 2 No. 2 (2016)
Research

Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di SMA Plus Al-Ghifari

Anna Meliana
Program Studi Pendidikan Ekonomi
Asep Hidayat
Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
Ilyas Ilyas
Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
Published December 1, 2016
How to Cite
Meliana, A., Hidayat, A., & Ilyas, I. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di SMA Plus Al-Ghifari. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 2(2). Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/131

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terlihat kurangnya minat belajar siswa dalam pembelajaran khususnya pembelajaran ekonomi seperti kemampuan menalar, kemampuan merancang, dan kemampuan mengevaluasi. Perlu sebuah inovasi dalam pembelajaran yang bertujuan untuk menemukan suatu media pembelajaran yang cocok untuk meningkatkan minat belajar siswa, yaitu menggunakan Mobile Learning atau M-Learning. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Reseach and Development) dibagi menjadi tiga langkah pokok yaitu studi pendahuluan, penyusunan media M-Learning, dan uji coba M-Learning. Populasi penelitian ini adalah kelas X IPS SMA Plus Al- Ghifari. Dapat disimpulkan M-Learning dapat digunakan dengan baik untuk pembelajaran Ekonomi dengan pokok bahasan masalah manusia dibidang ekonomi, dan cukup signifikan untuk meningkatan minat belajar siswa.

References

  1. Arifin, Z. (2011). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya. Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
  2. Azhar, A. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Buchori. (1985). Psikologi pendidikan. Jakarta: Aksara baru.
  3. Darmawan, D. (2012). Inovasi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya. Daryono. (Media Pembelajaran Perannya Sangat Penting dan Mencapai Tujuan Pembelajaran). 2012. Yogyakarta: Gava Media.
  4. Djaali. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
  5. Gintings, A. (2008). Media Pembelajaran. Bandung: Hummanoria.
  6. Habsari, S. (2005). Bimbingan Konseling SMA. GoogleBook: Grasindo.
  7. Indriana, D. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Bandung.
  8. Irsyad, H. (2015). Aplikasi Android Dalam 5 Menit. Jakarta: PT Elesx Media Komputindo.
  9. Muhibin, S. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  10. Ormrod, J. E. (2008). Educational Psychology. Collorado: Pearson Collage Divison.
  11. Sudarwan, D. (2010). Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  12. Sudjana, N. (2012). Metode Statistika. Bandung: PT Tarsito .
  13. Sudjana, N. (2012). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  14. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
  15. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: CV. Alvabeta.
  16. Sugiyono. (Metode Penelitian pendekatan Kuantitatif, Kualitatif). 2010. Bandung: CV Alfabeta.
  17. Syahodih, N. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  18. Taniredja, T. (2012). Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
  19. Lia Mulyani (2015) pengembangan Bahan Ajar Smartbook Berbasis Sains Untuk meningkatkan kemandirian belajar Tesis sarjana pada FKIP Universitas Langlangbuana
  20. Eneng Iis (2015) Pengembangan Metode Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Sintesis Tesis sarjana pada FKIP Universitas Langlangbuana
  21. (www.linezine.com/) Tersedia Pada tanggal 2 agustus 2016
  22. (http://www.arcsmodel.com#!arcs-categories/clzgp) tersedia pada tanggal 2 agustus 2016
  23. (http://www.gomuda.com/) tersedia pada tanggal 5 agustus 2016 (www.kajianpustaka.com/) Tersedia Pada tanggal 19 agustus 2016
  24. (learningtheory.wordpress.coo) tersedia pada tanggal 25 Juli 2016
  25. (www.Informasipendidikan.com) tersedia pada tanggal 21 september 2016