Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Think Pair Share Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Think Pair Share Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa

Authors

  • Anisa Mardiana Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Erliany Syaodih Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • ilyas Ilyas Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana

Abstract

Konsentrasi siswa dalam pembelajaran adalah kemampuan siswa yang harus sudah tertanam di dalam dirinya, dikarenakan dengan konsentrasi penuh dari setiap siswa dapat lebih mudah untuk mencapai tujuan kompetensi yang ditetapkan dan pembelajaran dapat diterima oleh siswa secara baik sehingga dapat diterapkan dalam kehidupannya, namun dalam pelaksanaannya ketika belajar, konsentrasi siswa seringkali buyar dan permasalahan ini menuntut seorang guru untuk menerapkan model pembelajaran yang mampu meningkatkan konsentrasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan konsentrasi belajar siswa antara yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik think pair share dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model tanya jawab. Desain penelitian yang digunakan adalah model quasi eksperimen dengan sampel tidak acak. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA SMAN 25 Bandung. Hasil penelitian bahwa terdapat perbedaan peningkatan konsentrasi belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik think pair share dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model tanya jawab, sehingga dapat dikatakan bahwa pembelajaran menggunakan modelĀ  pembelajaran kooperatif teknik think pair share berpengaruh terhadap konsentrasi belajar siswa.

References

Arikunto. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Abin Syamsuddin Makmun. (2003). Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya offset 7.

Agus Suprijono. (2013). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem : Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Chandra Ertikanto. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta : Media Akademi.

Darsono dan Hariyanto. (2012). Pembelajaran Aktif. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Pengembangan Materi Pembelajaran. Jakarta : Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pendidikan Sekolah Menengah Atas.

Diana Aprilia, Kadek Suranata, Ketut Dharsana. (2014). Penerapan Konseling Kognitif Dengan Teknik Pembuatan Kontrak (Contingency Contracting) Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas X TKR1 SMK Negeri 3 Singaraja. [online]. http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJBK/article/download/3940/3146.htm. [26 Maret 2017]

Femi Ollivia. (2010). Mendampingi Anak Belajar. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Harjanto. (2003). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Lia Mulyani. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Smartbook Berbasis Sains untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar. Skripsi Sarjana pada FKIP Universitas Langlangbuana : Tidak Diterbitkan.

Nisa Lathifah. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Pada Siswa SMA. Skripsi Sarjana pada FKIP Universitas Langlangbuana : Tidak Diterbitkan.

Rachman. (2010). Teori Konsentrasi Belajar. Diakses dari http://repository.upi/s_tb_055186_bab_ii.pdf/.

Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sadirman A.M. (2010). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor - faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Sudarwan Danim. (2011). Pengantar Kependidikan. Bandung : Alfabeta.

Sudjana. (2015). Metoda Statistika. Bandung : Tarsito.

Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Supriyo. (2008). Studi Kasus Bimbingan dan Konseling. Semarang: Nieuw Setapak.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif dan Progresif konsep dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Group.

Tabrani Rusyan. (1998). Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Trianto. (2012). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif dan Progresif konsep dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Group.

Wina Sanjaya. (2013). Penelitian Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2017-09-01

How to Cite

Mardiana, A., Syaodih, E., & Ilyas, ilyas. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Think Pair Share Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 3(1). Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/144

Issue

Section

Research

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 
Loading...