Efektivitas Model Pembelajaran Debat Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Mengemukakan Pendapat

Efektivitas Model Pembelajaran Debat Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Mengemukakan Pendapat

Authors

  • Rahmi Kamalia Tsalis Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Erliany Syaodih Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Anytha Basaria Silitonga Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efeltifitas metode pembelajaran Debat dalam meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat,khususnya pada mata pelajaran Pegantar Bisnis. Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimental dengan desain penelitian nonequivalen control group design. Penelitian ini dilakukan SMAK 3 dua kelas yaitu kelas ekperimen dengan metode debat dan kelas kontrol menggunakan motode yang biasa digunakan sehari-hari, yaitu diskusi.. Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan memberikan pretest terlebih dahulu dan dibeerikan posttest di akhir pembelajaran. Pembelajaran di kelas ekperimen dilakukan di kelas X PM 1 dan kelas kontrol dilakukan di kelas X PM 3. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi dengan 17 item pernyataan.Data dioleh menggunakan rumus statistik menggunakan uji normalias, uji homogeny dan uji hipotesis. Untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat digunakan rumus KR 20 dan uji gain. Menggunakan rumus tersebut diperoleh hasil yang menunjukan adanya peningkatan kemampuan mengemukakan pendapat setelah menggunakan metode debat.

References

Dananjaya, B.U..2013. Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuana Cendekia..

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. [Online]. Tersedia dialamatan. (Diakses 13 Desember 2013).

Parera, J.D. (1987). Belajar Mengemukakan

Sudjana. M.A (2012). Metode Statistika. Bandung. PT. Tarsito Bandung. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2016-06-01

How to Cite

Tsalis, R. K., Syaodih, E., & Silitonga, A. B. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Debat Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Mengemukakan Pendapat. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 2(1). Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/125

Issue

Section

Research

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 
Loading...