Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Terhadap Motivasi Belajar Siswa
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh bukti empiris tentang Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AP SMK Negeri 3 Bandung dengan sampel siswa kelas X AP-2 dan siswa Kelas AP-1. Penelitian ini menggunakan Desain penelitian Pretest-postest Nonequivalent Control Group Design. Dalam penelitian ini kelas X AP-2 merupakan kelas eksperimen yang mendapat perlakukan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) dan kelas X AP-1 sebagai kelas kontrol yang mendapat perlakuan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian di peroleh sebagai berikut: (1) hasil dari observasi yang dilakukan oleh observer bahwa pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe CRH dilaksanakan dengan sangat baik dan efektif. (2) model pembelajaran kooperatif tipe Course Reriew Horay (CRH) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa di banding model pembelajaran konvensional. (3) Peningkatan motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi di banding peningkatan motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen.References
Arifin Z., (2011). Evaluasi Pembelajaran, Bandung: Rosdakarya
Arikunto S., (2010). Dasar –dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta : Bumi aksara
Djali, (2009). Psikologi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Isjoni. (2011). Cooperative Learning: Bandung: Alfabeta.
Hanafiah N., & Suhana C., (2012). Konsep Strategi Pembelajaran, Bandung: PT Refika Aditama
Huda M., (2014). Model-model pengajaran dan pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Purwanto M.N., (2011). Psikologi Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Rudianto, (2009). Pengantar Akuntansi, Jakarta: Erlangga
Ruseffendi, (2010). Dasar –dasar penelitin pendidikan dan bidang nonEksakta lainya, Bandung : Tarsito
Rusman, (2013). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua, Bandung: Raja Grafindo Persada.
Sardiman, (2011). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Slameto, (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana, (2013). Metoda Statistika, Bandung: Tarsito
Suprijono A., (2013). Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta
Susetyo B., (2010). Statistika untuk analisis data penelitian, Bandung: PT Refika aditama.
Trianto, (2012). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik: Konsep, Landasan Teoritis-Praktis dan Implementasinya, Jakarta: Prestasi Pustaka.
Yamin M., (2013). Kiat Membelajarkan Siswa, Jakarta: Gaung Persada Press dan Center for Learning Innovation (CLI).
Nina. (2014). Pengertian Model Pembelajaran. Tersedia: http://sakinahninaarz009.blogspot (29 Juli 2015)
Setiawan N., (2012). Statistik Ceria. Tersedia: http://statistikceria.blogspot.com/2012/12/tutorial-uji-normalitas-denganspss.html .(28 agustus 2015)
Sucita & Wawan. (2014). Tujuan Pembelajaran Course Review Horay. Tersedia: http://blog.lesprivatanak.com/. (29 Juli 2015)
Wulandari. (2012). Pengertian Model Pembelajaran. Tersedia: http://mtk2012unindra.blogspot.com. (29 Juli 2015)
Abdul Rozak. (2002).Efektivitas oeerapan model pembelajaran cooperatif learning tipe STAD untuk menngkatkan motivasi belajar siswa.Skripsi: tidak di terbitkan
Sri Mulyati. (2010).Efektivitas oeerapan model pembelajaran cooperatif learning tipe STAD untuk menngkatkan motivasi belajar siswa.Skripsi: tidak di terbitkan.