Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Siswa Dalam Mata Pelajaran Ekonomi
Keywords:
Kemampuan Analisis Siswa, Metode Pembelajaran, Metode Inkuiri TerbimbingAbstract
Latar Belakang dalam penelitian ini adalah siswa belum mencapai hal-hal yang dapat diklasifikasikan dalam kategori dapat menguasai kemampuan analisis siswa kelas XI IPS di SMAN 8 Bandung. Metode Inkuiri Terbimbing merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat membantu untuk meningkatkan kemampuan analisis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan analisis siswa pada kelas eksperimen setelah menerapkan Metode Inkuiri Terbimbing. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu metode eksperimen dengan sifat penelitian kuantitatif dan desain penelitian quasi eksperimen dan desain yang dipilih yaitu Nonequivalent Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini yaitu XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen test uraian dan teknik analisis data dengan statistic parametric menggunakan bantuan aplikasi software SPSS 21. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu terdapat peningkatan kemampuan analisis pada kelas eksperimen dengan menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing serta peningkatan kemampuan analisis pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan peningkatan kemampuan analisis pada kelas kontrol yang menggunakan metode diskusi kelompok.References
Anam, Khoirul. (2017) Pembelajaran Berbasis Inkuiri : Metode dan Aplikasi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Arifin,Z. (2013) Evaluasi Pembelajaran : Prinsip, Teknik, Prosedur, (P. Latifh,Ed). Bandung : PT.Rosdakarya Remaja
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
Daryanto, dan Mulyo Rahardjo. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta : Gava Media
Hanafiah, N dan C. Suhana, (2012). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung : PT. Refika Aditama
Iru, La. Arihi, La Ode Saifun. (2012). Analisis Penerapan Pendekatan, Metode, Startegi, dan Model-Model Pembelajaran. Bantuul : Multi Presindo
Lestari, E. Karunia dan Yudhanegara, R, M. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : Refika Aditama
Majid, Abdul. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung : PT. Rosdakarya Remaja
Rusli, M. (2014) Pengelolaan Statistik yang Menyenangkan. Yogyakarta : Graha Ilmu
Sani, Ridwan Abdullah. (2016). Inovasi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara\
Sanjaya, Wina. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Sugiyono. (2013). Statistik Nonparametris untuk Penelitian (Cetakan ke-11 ed.). Bandung : Alfabeta
Arifin,Z. (2013) Evaluasi Pembelajaran : Prinsip, Teknik, Prosedur, (P. Latifh,Ed). Bandung : PT.Rosdakarya Remaja
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
Daryanto, dan Mulyo Rahardjo. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta : Gava Media
Hanafiah, N dan C. Suhana, (2012). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung : PT. Refika Aditama
Iru, La. Arihi, La Ode Saifun. (2012). Analisis Penerapan Pendekatan, Metode, Startegi, dan Model-Model Pembelajaran. Bantuul : Multi Presindo
Lestari, E. Karunia dan Yudhanegara, R, M. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : Refika Aditama
Majid, Abdul. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung : PT. Rosdakarya Remaja
Rusli, M. (2014) Pengelolaan Statistik yang Menyenangkan. Yogyakarta : Graha Ilmu
Sani, Ridwan Abdullah. (2016). Inovasi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara\
Sanjaya, Wina. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Sugiyono. (2013). Statistik Nonparametris untuk Penelitian (Cetakan ke-11 ed.). Bandung : Alfabeta
Downloads
Published
2019-12-31
How to Cite
Ardhita, T. D., Zahara, R., & Ilyas. (2019). Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Siswa Dalam Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 5(2), 144–152. Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/331
Issue
Section
Research