Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Implementasi Model Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sekolah Menengah Atas

Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Implementasi Model Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sekolah Menengah Atas

Authors

  • Rifanty Chairunnisa Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Ria Herdhiana Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Ilyas Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana

Keywords:

Kemampuan Bepikir Kritis, Model Pembelajaran, Model Discovery Learning

Abstract

Latar Belakang penelitian ini adalah siswa belum mencapai indikator yang dapat diklasifikasikan dalam kategori dapat menguasai kemampuan berpikir kritis kelas X IPS di SMAN 11 Bandung. Model discovery learning merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen setelah mengimplementasikan model discovery learning. Metode penelitian yang digunakan didalam yaitu metode eksperimen dengan sifat penelitian kuantitatif dan desain penelitian quasi eksperimen dan desain yang dipilih yaitu Nonequivalent Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini yaitu X IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan X IPS 5 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes uraian dan teknik analisis data dengan statistic parametric menggunakan bantuan aplikasi software SPSS 21. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen dengan menggunakan model discovery learning serta peningkatan kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan peningkatan pada kelas kontrol dengan menggunakan metode yang biasa digunakan guru.

References

Arikunto, S. 2010. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan (Revisi). Jakarta: Bumi Aksara

Amir Daud, Agus Suharjana. 2009. Kajian Ktiris Dalam Pembelajaran Matematika di SMP. Yogyakarta: P4TK Matematika

Budiningsih. 2005. Model Discovery Learning. Jakarta: Pustaka Mandiri

Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya

Hosman. 2014. Pendekatan Saintifik dan Konstektual Dalam Pembelajaran Abad 21 : Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Ghalia Indonesia

Istrani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada

Ngalimun. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: Aswaja Pressindo

Riyantono. 2010. Psikologi Pendidikan, Edisi 3. Malang: Universitas Muhammadiah Malang

Richard I. Arends. 2008. Learning To Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Roestiyah. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta

Syah. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Stephen P. Robbins dan Timonthy A. Terj. Diana Agelica, dkk. 2009. Judge, Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat

Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Wijaya, Cece. 2010. Pendidikan Remedial : Sarana Pengembangan Mutu Sumber Daya Manusia. Bandung: Remaja Rosdakaya

Nurbayanni, Astry. 2015. Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa (skripsi)

Septyan, Ike. 2013. Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Kemandirian Belajar Siswa (skripsi)

Matfukhin, M. 2013. Keefektifan Model Pembelajaran CPS Berbantuan CD Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Materi Pokok Geometri Kelas X (skripsi)

Downloads

Published

2019-06-29

How to Cite

Chairunnisa, R., Herdhiana, R., & Ilyas. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Implementasi Model Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 5(1), 40–47. Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/322

Issue

Section

Research

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 
Loading...