Pengaruh Penggunaan Metode Active Learning Tipe Quiz Team Terhadap Hasil Belajar Siswa
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji penggunaan metode active learning tipe quiz team dalam mata pelajaran ekonomi dalam upaya mendapatkan hasil belajar yang baik. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 25 Bandung kelas XI lintas minat pelajaran Ekonomi. Penarikan sampel yang diambil ditentukan dengan cara purposive sehingga terpilihlah siswa kelas XI MIA1 untuk kelas eksperimen dan siswa kelas XI MIA 2 untuk kelas kontrol sebagai objek penelitian. Jumlah siswa dari masing-masing kelas yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol terdiri atas 40 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu dengan membuat desain RPP sebanyak dua kali pertemuan untuk masing-masing kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data yang dikumpulkan berupa hasil pretest dan posttest yang diberikan pada pertemuan pembelajaran. Data hasil pretest dan posttest siswa tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan software SPSS versi 21 untuk melihat penggunaan metode active learning tipe quiz team. Pengujian dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t (hipotesis) menunjukan bahwa metode active learning tipe quiz team ini mempunyai kelebihan yang lebih unggul dimana siswa belajar menjadi lebih aktif dibandingkan dengan siswa yang belajar menggunakan metode pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa.References
Akbar, Sa’dun. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Arifin, Zainal. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Budiningsih, Asri. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta
Budiman, Arief. (2014). Pengaruh Penerapan Metode Quiz Team Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Mts. Darul Ma’arif Jakarta Selatan. Jakarta : Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Lestari, Karunia Eka. dan Yudhanegara, Mokhammad Ridwan. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT Refika Aditama
Sudjana, Nana, Dr. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Sugiyono, Prof. Dr. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : CV. Alfabeta
Uno, Hamzah. dan Nurdin, Mohamad. (2012). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta : PT Bumi Aksara
Warsono dan Hariyanto. (2012). Pembelajaran Aktif. Bandung : PT Remaja Rosdakary
Yaumi, Muhammad. (2013). Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta : Prenada Media Group