Vol. 3 No. 2 (2017)
Research

Pengaruh Penggunaan Metode Active Learning Tipe Quiz Team Terhadap Hasil Belajar Siswa

Eneng Seli Rosalina
Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
Dadang Sadeli
PPS Universitas Langlangbuana
Ria Herdhiana
Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
Published December 1, 2017
How to Cite
Rosalina, E. S., Sadeli, D., & Herdhiana, R. (2017). Pengaruh Penggunaan Metode Active Learning Tipe Quiz Team Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 3(2). Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/158

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji penggunaan metode active learning tipe quiz team dalam mata pelajaran ekonomi dalam upaya mendapatkan hasil belajar yang baik. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 25 Bandung kelas XI lintas minat pelajaran Ekonomi. Penarikan sampel yang diambil ditentukan dengan cara purposive sehingga terpilihlah siswa kelas XI MIA1 untuk kelas eksperimen dan siswa kelas XI MIA 2 untuk kelas kontrol sebagai objek penelitian. Jumlah siswa dari masing-masing kelas yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol terdiri atas 40 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu dengan membuat desain RPP sebanyak dua kali pertemuan untuk masing-masing kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data yang dikumpulkan berupa hasil pretest dan posttest yang diberikan pada pertemuan pembelajaran. Data hasil pretest dan posttest siswa tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan software SPSS versi 21 untuk melihat penggunaan metode active learning tipe quiz team. Pengujian dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t (hipotesis) menunjukan bahwa metode active learning tipe quiz team ini mempunyai kelebihan yang lebih unggul dimana siswa belajar menjadi lebih aktif dibandingkan dengan siswa yang belajar menggunakan metode pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa.

References

  1. Akbar, Sa’dun. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
  2. Arifin, Zainal. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
  3. Budiningsih, Asri. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta
  4. Budiman, Arief. (2014). Pengaruh Penerapan Metode Quiz Team Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Mts. Darul Ma’arif Jakarta Selatan. Jakarta : Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
  5. Lestari, Karunia Eka. dan Yudhanegara, Mokhammad Ridwan. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT Refika Aditama
  6. Sudjana, Nana, Dr. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
  7. Sugiyono, Prof. Dr. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : CV. Alfabeta
  8. Uno, Hamzah. dan Nurdin, Mohamad. (2012). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta : PT Bumi Aksara
  9. Warsono dan Hariyanto. (2012). Pembelajaran Aktif. Bandung : PT Remaja Rosdakary
  10. Yaumi, Muhammad. (2013). Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta : Prenada Media Group