Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Authors

  • Astry Nurbayani Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Uus Manzilatusifa Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Anytha Basaria Silitonga Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana

Abstract

Kemampuan berpikir kritis mencakup kemampuan menginterpretasi, menganalisis, mengevaluasi, menginferensi, mengeksplanasi dan meregulasi diri. Namun pada kenyataan di lapangan kemampuan berpikir kritis sebagian besar siswa masih rendah hal ini disebabkan karena model pembelajaran yang digunakan oleh guru belum tepat. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang dilaksanakan di salah satu SMK Negeri di Kota Bandung. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI dan dipilih dua kelas untuk kelas kontrol dan eksperimen. Pada penelitian ini kelas eksperimen mendapatkan perlakuan model discovery learning sedangkan kelas kontrol tanpa perlakuan. Hal tersebut dilakukan untuk memperoleh bukti empiris tentang pengaruh penerapan model discovery learning terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil perhitungan dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model discovery secara signifikan lebih baik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis di SMK

References

Arifin, Z . (2011). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Darmadi, Hamid. (2012). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta

Fisher, Alex. (2009). Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia

Huda, Miftahul. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Setyosari, Punaji. (2012). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sudjana. (2013). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito

Sugiyono (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sugiyono (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta

Sukmadinata, N.S dan Ibrahim, R. (2010). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Suprijono, A. (2013). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Surya, H. (2010). Rahasia Membuat Anak Cerdas dan Manusia Unggul. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Takdir, M. (2012). Pembelajaran Discovery Strategi & Mental Vocational Skill. Jogjakarta: Diva Press

Downloads

Published

2015-12-01

How to Cite

Nurbayani, A., Manzilatusifa, U., & Silitonga, A. B. (2015). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 1(1). Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/113

Issue

Section

Research

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 
Loading...