Vol. 4 No. 1, Agustus 2006
Research

PENGUJIAN VALIDASI MODEL BEDA HINGGA DIFUSI PANAS DALAM MEDIA YANG MEMUAT RETAKAN

Heri Sutarno
Program Studi Pendidikan Matematika FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia
Kusnandi Kusnandi
Program Studi Pendidikan Matematika FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia
Published August 1, 2006
How to Cite
Sutarno, H., & Kusnandi, K. (2006). PENGUJIAN VALIDASI MODEL BEDA HINGGA DIFUSI PANAS DALAM MEDIA YANG MEMUAT RETAKAN. EDUCARE, 4(1). Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/42

Abstract

Penelitian ini membahas pengujian validasi model beda hingga difusi panas dalam media yang memuat retakan kecil yang telah dikonstruksi pada penelitian sebelumnya. Pengujian ini dilakukan dengan cara membuat simulasi (program komputer) untuk model beda hingga ini. Kemudian simulasi yang dihasilkan dibandingkan dengan simulasi untuk model persamaan integral (analitik). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model beda hingga adalah akurat. Hal ini ditunjukkan dengan hampir berimpitnya temperatur yang terhamburkan oleh retakan pada kedua model, model beda hingga dan model analitik.

References

  1. Kusnandi. 2001. Heat Diffusion in Two-dimensional Media Containing Small- scale Crack. Jurnal Pengajaran MIPA UPI, vol. 2. hal. 12-19.
  2. Kusnandi. 2001. Model Beda Hingga untuk Difusi Panas dalam Media yang Memuat Crack. Disampaikan dalam Seminar Nasional di UNY. 2001.
  3. Mathews, John H. 1992. Numerical Methods for Mathematics, science, and Engeneering. Prentice-Hall International, Inc.
  4. Muijres, A.J.H. 1998. Acoustic Waves in Cracked Media. PhD thesis, Delft University Press.
  5. Van Baren, G.B. 1998. Finite-difference Modeling of Acoustic Wave Propagation in Cracked Media. SIEP Report 98-5412.