STRATEGI PENGEMBANGAN ORGANISASI PERGURUAN TINGGI SWASTA

STRATEGI PENGEMBANGAN ORGANISASI PERGURUAN TINGGI SWASTA

Authors

  • Ipong Dekawati STKIP Subang

Abstract

Pengembangan organisasi merupakan bagian penting dalam sistem pendidikan di PTS. Hal ini karena mempunyai pengaruh yang kuat terhadap keberhasilan pencapaian tujuan perguruan tinggi, khususnya pengembangan organisasi yang menyangkut persepektif keuangan, costumer, proses bisnis/jasa pendidikan, dan pembelajaran dan pertumbuhan. Balanced Scorcard (BSC) sebagai alternatif pengembangan organisasi. Di dalam rangka pengembangan organisasi, PTS hendaknya mengoptimalkan layanan pendidikan dengan potensi sumber daya yang ada sesuai dengan tuntutan lingkungan internal dan eksternal. Kata Kunci: Balanced Scorecard, BSC, mutu perguruan tinggi. 

References

Agustinus S. Wahyudi, 1996, Manajemen Strategik, Pengantar Proses berpikir strategik, Jakarta: Binarupa Aksara

Dale S. Beach, 1975, Personel: The Management of People at Work, Third Edition, New York: MacMillan Publishing Co. Inc.

Edward Sallis, 2006. Total Quality Management in Education, Jogyakarta:IRCiSoD

Koontz, Harlod, Donnell Cynlo, Weinrich Heinz, 1995, Manajemen, Jakarta: Erlangga

Moekijat, 1993, Pengembangan Organisasi, Bandung: Remaja Rosdakarya

Mulyadi, 2001, Balanced Scorcard; Alat Manajemen Kontemporer untuk Pelipatganda Kinerja Keuangan Perusahaan. Jakarta: PT Salemba Emban Patria

Peraturan Pemerintah No. 30/1990/ tentang perguruan tinggi;

UU Sisdiknas no 20 tahun 2003;

Robert S. Kaplan & David P. Norton, (2000), Balanced Scorcard, Menerapkan Strategi Menjadi Aksi, Jakarta: Erlangga;

Siagian, P. Sondang, 1995, Manajemen Strategik, Jakarta: Bumi Aksara;

Soekarton, 1992, Dasar-dasar Organisasi, Yogyakarta, Gadjah Mada University Press

Salusu J., 1996, Pengambilan keputusan strategik untuk organisasi publik dan organisasi nonprofit, Jakarta: PT Grimed

Downloads

Published

2007-02-01

How to Cite

Dekawati, I. (2007). STRATEGI PENGEMBANGAN ORGANISASI PERGURUAN TINGGI SWASTA. EDUCARE, 4(2). Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/46

Issue

Section

Research
Loading...