PSIKOLINGUISTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA
Abstract
Keberhasilan sebuah pembelajaran bahasa akan sangat bergantung pada komponen yang terlibat dalam pembelajaran. Komponen tersebut di antaranya adalah siswa sebagai subjek didik dan materi pembelajaran bahasa yang dipelajari oleh siswa. Karena itulah, dalam pembelajaran bahasa pemahaman tentang psikolinguistik dipandang penting. Melalui psikologi dipelajari mengenai siswa dan melalui linguistik dipelajari mengenai materi bahasa. Melalui interdisiplin ini dapat dipahami proses yang terjadi dalam diri siswa ketika memahami materi bahasa.Kata kunci: psikolingustik, linguistik, psikologiReferences
Chaer, Abdul. (2003). Psikolinguistik: Kajian Teoretik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dardjowidjojo, Soenjono. (2003).
Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa
Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Field, John. (2003). Psycholinguistics. London: Routledge.
Kridalaksana, Harimurti. (1982). Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia.
Marat, Samsunuwiyati. (1983). Psikolinguistik. Bandung: Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran.
Martinet, Andre. (1987). Ilmu Bahasa: Pengantar (terjemahan Rahayu Hidayat). Yogyakarta: Kanisius.
Musfiroh, Tadkirotun. (2002). Pengantar psikolinguistik. Yogyakarta: Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta.
Nababan, Sri Utari Subiyakto. (1992). Psikolinguistik: Suatu Pengantar. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Nikelas, Syahwin. (1988). Pengantar Linguistik untuk Guru Bahasa. Jakarta Depdikbud: Depdikbud Dirjen Dikti PPLPTK.
Pateda, Mansoer. (1990). Aspek-aspek Psikolinguistik. Ende Flores: Nusa Indah.
Syah, Muhibin. (1995). Psikologi Pendidikan suatu Pendekatan Baru. Bandung: Rosdakarya.
Syah, Muhibin. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Tarigan, Henry Guntur. ( 1985). Psikolinguistik. Bandung: Angkasa.
Yudibrata, Karna; Andoyo Sastromiharjo; dan Kholid A. Harras. (1997/1998). Psikolinguistik. Jakarta: Depdikbud PPGLTP Setara D-III.