Vol. 1 No. 2, Agustus 2002
Research

PENELITIAN KELAS

H.E.T. Ruseffendi
Program Studi Pendidikan Matematika IKIP Bandung
Published August 1, 2006
How to Cite
Ruseffendi, H. (2006). PENELITIAN KELAS. EDUCARE, 1(2). Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/8

Abstract

Penelitian kelas adalah penelitian pembelajaran di dalam kelas untuk perbaikan. Penelitian kelas terjemahan dari “classroom reseach”. Kata lainnya adalah penelitian praktis (practical inquiry). Pada umumnya, penelitian kelas dilakukan oleh guru beserta pengamat (observer); mungkin temannya. Penelitian yang dilakukan mungkin mengenai teknik bertanya, pendekatan pengejaran, distribusi pemberian kesempatan untuk ditanyai atau bertanya, tenggang waktu berpikir dalam menjawab pertanyaan, dan sebagainya yang pada garis besarnya dalam pembelajaran bidang studi. Mengingat hal itu, yang terlibat dalam penelitian kelas (dosen, pembimbing, pengamat, dll) semestinya orang yang keahliannya dalam pembelajaran bidang studi. 

References

  1. Ruseffendi, E.T. (1991), Penelitian Pendidikan dan Hasil Belajar Siswa Khusunya Dalam Pengajaran Matematika. Bandung: Draft (Diktat).
  2. Ruseffendi, E.T. (1990), Pengajaran Matematika Modern dan Masa Kini Untuk Guru dan PGSD- D2. Seri Keenam, Bandung: Tarsito.
  3. Hopkin, D. (1992), A Teacher’s Guide to Classroom Reseach. Edisi Kedua. Philadelphia: Open University Press.