Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (SATD) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa SMP

Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (SATD) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa SMP

Authors

  • Rika Nathania Simanjuntak Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana

Keywords:

Student Team Achievement Division, STAD, Kemampuan berpikir reflektif

Abstract

Penelitian melalui kuasi eksperimen, bertujuan untuk mendeskripsikan capaian peningkatan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa SMP. Demikian juga bermaksud mengidentifikasi tingkat partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dengan menggunakan dua kelas siswa SMP, satu kelas eksperimen melalui penerapan Student Team Achievement Division (STAD) dan satu kelass kontrol melalui pembelajaran konvensional. Hasil analisis pretest postest dan observasi kelas menunjukkan pembelajaran matematika dengan Student Team Achievement Division (STAD) secara signifikan lebih baik dalam meningkatkan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa SMP dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan konvensional ditinjau dari kemampuan reflektif matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dapat dijadikan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang dapat diterapkan dalam upaya meningkatkan kemampuan siswa khususnya kemampuan berpikir reflektif matematis.

References

Adang (2012). Metodologi pembelajaran kajian teoritis praktis. Banten: LP3G.

Agus .S.(2010). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arifin, Z. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar Ruhimat. Arifin, Z. (2013). Evaluasi Pembelajaran.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dea K. (2012).ìPenerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan
Kemampuan Berpikir Reflektif ì, Bandung Dimyati & Mudjiono. (2002). Belajar dan
pembelajaran. Jakarta

E.T. Ruseffendi. (2006). Pengantar kepada
membantu guru mengembangkan kompetensinya dalam pengajaran matematika untuk meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Isjoni. (2012). Cooperative learning efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung : Alfabeta

Kosasih, E. (2014). Strategi Belajar dan Pembelaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung

Kurniawan. (2014). Efektifitas penggunaan jurnal belajar dikaji dari hasil belajar dan kemampuan metakognisi pembelajaran matematika. Pendidikan Matematika. 1-8.
dalam Jurnal

Lee, H.J (2013). Undestanding and assessing previce teachers reflective thinking. Teaching and Teacher Education Journal, Tersedia: http;//20reflection.pdf. [ 3 April 2017].

Mezirow. (2013). Meningkatkan kemampuan dan Disposisi Berpikir Reflektif Matematis serta Kemandirian Belajar Siswa. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Namvar et al ( 2009). Peningkatan Kemampuan Berpikir Krtitis, Kreatif dan Reflektif (K2R). Jakarta: Rineka

Downloads

Published

2017-06-30

How to Cite

Simanjuntak, R. N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (SATD) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa SMP . INTERMATHZO, 2(1), 14–16. Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/intermathzo/article/view/268

Issue

Section

Research
Loading...