Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (SATD) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa SMP
Kata Kunci:
Student Team Achievement Division, STAD, Kemampuan berpikir reflektifAbstrak
Penelitian melalui kuasi eksperimen, bertujuan untuk mendeskripsikan capaian peningkatan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa SMP. Demikian juga bermaksud mengidentifikasi tingkat partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dengan menggunakan dua kelas siswa SMP, satu kelas eksperimen melalui penerapan Student Team Achievement Division (STAD) dan satu kelass kontrol melalui pembelajaran konvensional. Hasil analisis pretest postest dan observasi kelas menunjukkan pembelajaran matematika dengan Student Team Achievement Division (STAD) secara signifikan lebih baik dalam meningkatkan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa SMP dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan konvensional ditinjau dari kemampuan reflektif matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dapat dijadikan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang dapat diterapkan dalam upaya meningkatkan kemampuan siswa khususnya kemampuan berpikir reflektif matematis.Referensi
Adang (2012). Metodologi pembelajaran kajian teoritis praktis. Banten: LP3G.
Agus .S.(2010). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arifin, Z. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar Ruhimat. Arifin, Z. (2013). Evaluasi Pembelajaran.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Dea K. (2012).ìPenerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan
Kemampuan Berpikir Reflektif ì, Bandung Dimyati & Mudjiono. (2002). Belajar dan
pembelajaran. Jakarta
E.T. Ruseffendi. (2006). Pengantar kepada
membantu guru mengembangkan kompetensinya dalam pengajaran matematika untuk meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Isjoni. (2012). Cooperative learning efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung : Alfabeta
Kosasih, E. (2014). Strategi Belajar dan Pembelaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung
Kurniawan. (2014). Efektifitas penggunaan jurnal belajar dikaji dari hasil belajar dan kemampuan metakognisi pembelajaran matematika. Pendidikan Matematika. 1-8.
dalam Jurnal
Lee, H.J (2013). Undestanding and assessing previce teachers reflective thinking. Teaching and Teacher Education Journal, Tersedia: http;//20reflection.pdf. [ 3 April 2017].
Mezirow. (2013). Meningkatkan kemampuan dan Disposisi Berpikir Reflektif Matematis serta Kemandirian Belajar Siswa. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Namvar et al ( 2009). Peningkatan Kemampuan Berpikir Krtitis, Kreatif dan Reflektif (K2R). Jakarta: Rineka
Agus .S.(2010). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arifin, Z. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar Ruhimat. Arifin, Z. (2013). Evaluasi Pembelajaran.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Dea K. (2012).ìPenerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan
Kemampuan Berpikir Reflektif ì, Bandung Dimyati & Mudjiono. (2002). Belajar dan
pembelajaran. Jakarta
E.T. Ruseffendi. (2006). Pengantar kepada
membantu guru mengembangkan kompetensinya dalam pengajaran matematika untuk meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Isjoni. (2012). Cooperative learning efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung : Alfabeta
Kosasih, E. (2014). Strategi Belajar dan Pembelaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung
Kurniawan. (2014). Efektifitas penggunaan jurnal belajar dikaji dari hasil belajar dan kemampuan metakognisi pembelajaran matematika. Pendidikan Matematika. 1-8.
dalam Jurnal
Lee, H.J (2013). Undestanding and assessing previce teachers reflective thinking. Teaching and Teacher Education Journal, Tersedia: http;//20reflection.pdf. [ 3 April 2017].
Mezirow. (2013). Meningkatkan kemampuan dan Disposisi Berpikir Reflektif Matematis serta Kemandirian Belajar Siswa. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Namvar et al ( 2009). Peningkatan Kemampuan Berpikir Krtitis, Kreatif dan Reflektif (K2R). Jakarta: Rineka
Unduhan
Diterbitkan
2017-06-30
Cara Mengutip
Simanjuntak, R. N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (SATD) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa SMP . INTERMATHZO, 2(1), 14–16. Diambil dari https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/intermathzo/article/view/268
Terbitan
Bagian
Research