Penerapan Teknik Probing-Prompting pada Pokok Bahasan Program Linear
Keywords:
Penelitian Tindakan Kelas, Teknik Probing-PromptingAbstract
Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika pada siswa kelas XI AP1 SMK Bina Warga Bandung yang berjumlah 41 siswa. Penenlitian dilakukan sebanyak dua siklus dimana siklus pertama sebanayak 2 kali tatap muka dan siklus kedua dilaksanakan 3 kali tatap muka .Adapun instrument yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa mulai mampu mengeksplor diri siswayang tadinya kurang berani bertanya menjadi berani, dan siswa mulai aktif dalam setiap diskusi.Dari hasil analisis tes siswa kelas XI AP1 SMK Bina Warga Bandung , adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Perolehan nila pada siklus I nila diatas KKM mencapai 34,15%,sedangkan pada siklus II tes belajar siswa mencapai 63,41%. Jadi adanya peningkatan prestasi belajar siswa sebesar 29,26%.References
Ruseffendi. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam pengajaran matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung : Tarsito.
Rosnawati, H. (2008). Penggunaan Teknik Probing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP. Skripsi pada Jurusan Pendidikan Matematika UPI Bandung: tidak diterbitkan.
Sudarti, T. (2008). Perbandingan Kemampuan Penalaran Adatif Siswa SMP Antara yang Memperoleh Pembelajaran Matematika Melalui Teknik Probing dengan Metode Ekspositori. Skripsi pada Jurusan Pendidikan Matematika UPI Bandung: tidak diterbitkan.
Suherman, E. (2008). Belajar dan Pembelajaran Matematika. Hand Out. Bandung:tidak diterbitkan.
Suherman, dkk. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA UPI.
Rosnawati, H. (2008). Penggunaan Teknik Probing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP. Skripsi pada Jurusan Pendidikan Matematika UPI Bandung: tidak diterbitkan.
Sudarti, T. (2008). Perbandingan Kemampuan Penalaran Adatif Siswa SMP Antara yang Memperoleh Pembelajaran Matematika Melalui Teknik Probing dengan Metode Ekspositori. Skripsi pada Jurusan Pendidikan Matematika UPI Bandung: tidak diterbitkan.
Suherman, E. (2008). Belajar dan Pembelajaran Matematika. Hand Out. Bandung:tidak diterbitkan.
Suherman, dkk. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA UPI.
Downloads
Published
2019-06-29
How to Cite
Warnengsih. (2019). Penerapan Teknik Probing-Prompting pada Pokok Bahasan Program Linear. INTERMATHZO, 4(1), 45–53. Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/intermathzo/article/view/296
Issue
Section
Research