Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Peningkatan Pemahamn Konsep Matematis Siswa SMP
Kata Kunci:
Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning, CTL, kemampuan pemahaman konsep matematisAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penerapan model pembeljaran Contextual Teaching and Learning terhadap peningkatan pemahaman konsep matematis siswa SMP. Kurangnya pemahaman konsep matematis siswa menjadi latar belakang masalah dalam penelitian ini. Kurangnya pemahaman konsep siswa dapat dilihat dari (1) masih banyak siswa yang belajar matematika dengan menghafal bukan memahami (2) ketika diberikan soal yang sedikt berbeda dengan contoh siswa mengalami kesulitan.. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah guru kurang inovatif dalam memilih model pembelajaran. Desain penelitian yang digunakan adalah kelompok kontrol non-ekuivalen, dengan dua dua kelompok dalam penelitian ini yaitu kelompok eksperimen yang dalam pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan kelompok kontrol yang dalam pembelajarannya menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu metode ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Kemala Bhayangkari, dengan sampel sebanyak dua kelas. Berdasarkan hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap peningkatan pemahaman konsep matematis siswa SMP. Peningkatan pemahaman konsep matematis siswa SMP yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning lebih baik dari pada siswa SMP yang menggunakan model pembelajaran konvensional.Referensi
Padma Mike Putri M.dkk. (2012). Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi turunan Melalui Pembelajaran Teknik Probing. [Online]. Tersedia : http://ejournal.unp.ac.id/students/index.p hp/pmat/article/download/1173/8 65 (12 Januari 2016 : 17.50 WIB)
Wina Sanjaya. (2014). Strategi Pembelajaran BerorientasiStandar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenadamedia.
Wina Sanjaya. (2014). Strategi Pembelajaran BerorientasiStandar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenadamedia.
Unduhan
Diterbitkan
2016-12-30
Cara Mengutip
Aprilla, A. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Peningkatan Pemahamn Konsep Matematis Siswa SMP. INTERMATHZO, 1(2), 6–8. Diambil dari https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/intermathzo/article/view/260
Terbitan
Bagian
Research